Apa & bagaimana menggunakan meta tags

Pernah mendengar istilah meta tags? Bagi seorang webmaster dan blogger mungkin istilah meta tags sudah tidak asing lagi. Beberapa orang bahkan menganggap meta tags sebagai “golden key” untuk mendapatkan peringkat top di mesin pencari. Saya bahkan pernah membaca sebuah artikel yang berisi kalimat berikut, “Jika ingin menempatkan blog diperingkat teratas search engine, tambahkan meta tags, maka website anda akan menduduki peringkat top di google”. Benarkah pendapat tersebut? Saya rasa tidak sepenuhnya benar meski ada benarnya juga. Apalagi jika yang dimaknai hanya dalam konteks satu penggalan kalimat itu saja, malah jadi menyesatkan.

Apa itu meta tags

Meta tags elemen berguna untuk memberikan informasi tentang metadata sebuah halaman website tertentu kepada client atau sistem yang mampu membaca metadata, salah satunya mesin pencari. Metadata tidak akan ditampilkan pada halaman HTML / website, tetapi dapat dikenali dan digunakan oleh sistem tertentu / bot, seperti web browser, mesin pencari, maupun web service lainnya. Yang harus diingat, setiap sistem hanya mampu membaca dan mengenali metadata dari meta tag yang mereka kenali, dan mengabaikan yang lainnya.

Meta dapat ditempatkan pada bagian <head> pada html. contoh penggunaan meta tag sepeti berikut :

<html>
<head>
<meta charset=”utf-8″>
<meta name=”Description” CONTENT=”contoh penggunaan meta tags dalam sebuah html”>
<meta name=”google-site-verification” content=”+nxGUDJ4qwrZ5l9Bsjdi102tLVC21AIh5d1Nl23908vVuFHs34=”/>
<title>Apa dan bagaimana menggunakan meta tags</title>
<meta name=”msvalidate.01″ content=”E8A56CCA48106E6709F366C5791B3D3B”>
</head>
 

Penggunaan meta tag  tententu seperti title tag, description, keyword merupakan salah satu jurus jitu untuk meningkatkan rankings di search engine seperti Google, Bing, Yahoo, dsb. Meta tag akan membantu memberikan informasi tentang situs anda kepada search engine. Berikut beberapa meta tag yang dikenali google dan mesin pencari lainnya, yang bisa anda pergunakan untuk optimasi SEO website anda

Meta tags for SEO

 

Title Tag

Sebenarnya, secara teknis title tag bukan merupakan elemen meta tag. Meskipun title tag ditempatkan pada sesi <head> menurut W3C title tag didefinisikan sebagai page element. Konten dari title tag akan ditampilkan sebagai judul / title pada hasil pencarian di search engine dan juga pada halaman browser. Coba anda baca cara memilih dan membuat title tag untuk optimasi search engine (SEO)

Description Tag

meta description, ditulis sebagai berikut :

<meta name=”description” content=”Awesome Description Here”>
 

meta description tag berisikan penjelasan singkat tentang halaman anda. Deskripsi ini akan ditampilkan pada halaman hasil pencarian di mesin pencari. Meskipun mesin pencari seperti google secara otomatis menambahkan deskripsi yang diambil dari konten yang dianggap paling akurat dan mendekati kata kunci pencarian, namun menggunakan meta description yang tepat dan relevan dengan halaman anda akan membantu meninggkatkan impression halaman anda di mesin pencari. Google akan menggunakan meta description yang anda buat pada search results snippets jika dianggap lebih akurat. Idealnya, deskripsi yang and buat tidak lebih dari 155 karakter termasuk spasi.

 

Keywords Meta Tag

Jaman dulu, “keywords” meta tag menjadi elemen penting bagi search engine. Namun saat ini menggunaan meta keyword nyaris sia sia dan telah “dimuseumkan”.  Satu satunya search engine yang masih menggunakan keyword adalah Bing, dan itu pun digunakan untuk mendeteksi spam. Mulai sekarang, hindari penggunaan meta keyword. Cukup anda memilik kata kunci yang tepat dan menyisipkan kata kunci anda pada konten anda, judul, heading, dan isi paragraf.

 

Robots Meta Tag

Robots meta tag berguna mengontrol perilaku mesin pencari dalam merayapi dan melakukan pengindeksan halaman situs. Robot meta tag berlaku untuk semua mesin pencari, sedangkan “Googlebot” meta tag khusus untuk Google.

<meta name=”robots” content=”…, …” />
<meta name=”googlebot” content=”…, …” />
 

Beberapa implementasi meta robot dan maksud penggunaannya :

<meta name=”robots” content=”noindex, nofollow”>
jangan index halaman ini. Jangan follow links pada halaman. Halaman anda tidak akan ditampilkan dipenelusuran

<meta name=”robots” content=”index, nofollow”>
Index halaman ini , tapi jangan follow link pada halaman. Halaman anda akan terindex search engine bot dan (mungkin) akan muncul di mesin pencari, namun semua link pada halaman bersifat nofollow

<meta name=”robots” content=”noindex, follow”>
Jangan index halaman ini, follow link pada halaman. Halaman anda tidak akan terindex mesin pencari

<meta name=”robots” content=”index, follow”>
merupakan nilai default tobot tag, mengijinkan pengindeksan dan menetapkan link pada halaman sebagai do-follow

nilai lain yang bisa anda tambahkan, pisahkan dengan koma untuk nilai lebih dari satu :

  • noindex:
  • nofollow
  • nosnippet
  • noodp
  • noarchive
  • unavailable_after:[date]
  • noimageindex
  • none

 

5 Comments

Leave a Reply

Sumber Pencarian :