Apa dan Bagaimana Google Panda Update

Jika situs website atau halaman web anda kehilangan peringkat karena salah satu dari update algoritma Google Panda dan Google Penguin, maka sangat krusial untuk segera mengambil langkah-langkah untuk memahami apa yang telah terjadi, dan segera mengubah strategi untuk menghindari Google Panda update

Apa itu Google Panda

Panda/Farmer Algorihm pertama kali diluncurkan pada Februari 2011. Pertama diluncurkan, algoritma ini mempengaruhi 12% dari hasil pencarian (data dari google, dilansir dari MOZ). Panda memfilter situs ‘ternak konten’, konten minim, situs dengan rasio iklan berlebihan, dan situs lainnya dengan kualitas yang buruk. Seperti halnya algoritma pencarian google itu sendiri, hanya google benar-benar mengerti bagaimana cara kerjanya pastinya. Namun para webmaster dan SEO master memperkirakan sepak terjang panda dengan mengamati situs yang terkena efek Panda update serta perubahan yang dilakukan situs tersebut yang meningkatkan kualitasnya kembali. Penjelasan singkat berikut ini mungkin bisa membantu memahami bagaimana algoritma google panda bisa menyebabkan peringkat halaman situs menurun atau bahkan dihapus dari listing. 

Google Panda, dikenal juga sebagai Farmer algorithm update, tidak hanya sekedar menentukan tautan berlebihan (over linking) dari situs yang berkualitas rendah, namun algoritma ini dikembangkan untuk memahami beberapa masalah yang mungkin akan mengurangi pengalaman pengguna dari pengguna pengguna search engine ketika mencari sebuah informasi. Perlu diingat bahwa pengguna search engine google mencari informasi yang berguna tentang suatu topik dengan suatu keyword yang mereka gunakan. Tentunya menjadi tanggung jawab Google untuk memberikan para pengguna ini informasi yang berkualitas terbaik dan relevan sesuai dengan apa yang mereka cari dengan menyaring halaman web berkualitas rendah atau bahkan seluruh domain.

Faktor yang berkaitan dengan Google Panda

Google panda beroperasi pada tingkatan domain, bukan hanya sebatas halaman situs, sehingga seluruh halaman pada domain situs anda akan terkena dampak penurunan jika dihantam panda. Berikut ini beberapa faktor yang diyakini mempengaruhi Google Panda.

  • website dengan link berlebihan dari “peternak konten” misal AGC
  • website yang merupakan peternak konten
  • website dengan kualitas konten yang buruk
  • website yang menampilkan iklan berlebihan (bahkan adsense sekalipun)
  • situs dengan SEO berlebihan (over optimazed) atau menggunakan black hat SEO
  • website dengan kualitas tatabahasa yang buruk (indikasi AGC atau auto translate)
  • website dengan loading time yang lama
  • duplikasi konten
  • website dengan bounce rate tinggi
  • broken link atau 404 error yang berlebihan
  • memiliki SEO yang buruk
  • Jumlah konten yang sedikit dan jumlah kata per artikel yang sedikit
  • Comment spam
  • link spam

Google panda yang sesungguhnya mungikin tidak mencakup seluruh isu diatas. Namun sejak diperkenalkan February 2011, telah dilakukan beberapa kali update, dan terjadi penurunan pada website yang mencakup beberapa faktor tersebut. Silahkan lihat lebih lengkapnya di Google Algorithm Change History

Google panda ibarat sebuah hukuman bagi website, dikatakan bahwa downlisting yang terjadi akibat panda tidak dapat dipulihkan, manun beberapa orang telah membuktikan kalau hal itu salah, dan bisa dipulihkan meskipun tidak ada kepastian apakah performa situs yang telah terkena panda akan kembali seperti semula.

Berikut kutipan pernyataan Matt Cutts, head of Google’s web spam division, “In order to recover from Panda, take a fresh look and basically ask yourself, ‘How compelling is my site?’ We’re looking for high quality. We’re looking for something where you land on it, you’re really happy.” Dari pernyataan Matt Cutts itu bisa diambil kesimpulan untuk memulihkan situs yang terkena dampak panda, pugarlah situs anda sehingga menawarkan pengalaman pengguna yang tinggi, buat pengunjung terbantu dengan konten bermutu pada situs anda.

Ingat, tujuan sesorang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi yang mereka butuhkan, ketika google mengarahkan mereka ke situs anda, pastikan pengguna tersebutu benar benar mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Selalu sajikan konten yang bermutu dan berkualitas pada website anda

 

One Response

  1. Info Lengkap

Leave a Reply

Sumber Pencarian :