Apakah Desain Themes Blog Berpengaruh Terhadap Ranking dan SEO?

Desain sebuah blog / web tidak bisa dianggap hal sepele. Desain themes yang digunakan pada blog ikut memiliki peranan dalam mempengaruhi rangking di halaman hasil penelusuran mesin pencari (SERP). Desain memperngaruhi banyak hal, mulai dari page speed loading hingga user experience. Bahkan bisa dikatakan desain template blog anda adalah faktor teknis terpenting dalam SEO. Berikut akan sedikit dijelaskan apa pengaruh sebuah desain themes dan kaitannya dengan SEO dan rangking di search engine.

Page Load Speed / Kecepatan Loading Situs

Kecepatan loading halaman adalah faktor penting dalam SEO, baik dari sisi search engine, maupun user. Situs yang memiliki kecepatan loading tinggi akan memiliki ranking lebih baik dan memiliki jumlah visitor lebih banyak dibanding situs ‘lelet’. Dari sisi user, kita sendiri akan lebih senang mengunjungi situs yang loadingnya cepat ketimbang halaman yang membutuhkan waktu lama untuk dibuka. Bahkan mungkin anda akan cenderung langsung menutup halaman jika halaman tersebut belum terload 1 menit lebih.

Page Load Speed tidak hanya ditentukan oleh webhosting dimana web/ blog kita di host, tapi juga oleh desain blog kita. Untuk itu sebaiknya gunakan themes yang ringan dan fast load. Untuk mengetes kecepatan halaman situs, silahkan gunakan Google PageSpeed Insights dan Pingdom Website Speed Test

Mobile Friendly

Saat ini ini banyak orang menggunakan smartphone untuk melakukan browsing dan googling. Pengguna smartphone ini merupakan target visitor yang sangat potensial bagi blog kita. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk menggunakan desain blog yang mobile friendly. Halaman situs yang menerapkan desain mobile friendly akan cenderung memiliki rangking lebih baik di hasil penelusuran mesin pencari. Menurut survey searchmetrics.com, 33% halaman situs yang menduduki peringkat 10 besar SERP google menggunakan responsive desain mobile friendly

User Experience

User Experience saat ini memiliki bobot yang tinggi dalam SEO. Tentunya search engine ingin menampilkan hasil pencarian yang benar-benar bisa memuaskan penggunanya, maka sangat masuk akal jika user experience memiliki bobot tersendiri dalam penentuan ranking SERP.

Desain sebuah blog atau web, tentunya memiliki peranan sendiri dalam menentukan user experience (pengalaman pengguna). Blog dengan desain yang baik, fast loading, memiliki navigasi yang baik dan penataan konten dan internal linking yang baik akan meningkatkan nilai user experience pengunjung. Salah satu ciri blog dengan user experience yang baik bisa dilihat dari bounce rate (rasio pentalan) yang rendah, jumlah halaman yang dikunjungi per kunjungan dan lamanya pengunjung berada di halaman blog anda.

Leave a Reply

Sumber Pencarian :