Apa itu Duplikat Konten WordPress dan Bagaimana Cara Mengatasnya

dont do it!Duplikat konten merupakan sebuah istilah dalam SEO yang secara garis besar menggambarkan adanya duplikasi konten pada lebih dari satu halaman situs. Duplikasi konten bisa terjadi pada internal situs, karena disebabkan oleh kesamaan dengan halaman situs lain. Adanya duplikat  konten pada sebuah website/ blog tentunya sangat buruk bagi SEO blog. Semua SEO master menyarankan agar isu duplikasi konten harus dihindari karena akan membawa dambak yang buruk bagi situs tersebut. Jika sebuah situs terindex dengan beberapa URL yang memiliki duplikat content, maka situs tersebut berada dalam masalah serius dan bisa jadi akan menerima penalty dari google. Jika sebuah situs kemudian terkena penalty hewan peliharaan google, efek yang bisa terjadi seperti laju index blog anda akan berkurang, ranking SERP halaman dan keseluruhan situs akan drop. Untuk itu, isu duplikat konten harus diperhatikan secara serius dan segera diatasi

Kali ini, mari kita bahas tentang duplikasi konten pada blog berbasis wordpress dan bagaimana cara mengatasinya. Pada sebuah blog wordpress, duplikat konten bisa disebabkan karena adanya dua atau lebih halaman URL  yang sama, mirip, atau memiliki kesamaan baik pada isi konten, atau meta tag (title, description). Isu duplikat konten pada blog wordpress biasanya terjadi karena adalnya duplikasi title tag dan meta description halaman.

Contoh duplikasi konten yang paling banyak terjadi pada blog wordpress, misyalnya konten yang sama ditampilkan ketika anda mengakses beberapa URL berikut :

  • http://bloganda.com/tag/optimasi-seo
  • http://www.bloganda.com/tag/optimasi-seo
  • http://bloganda.com/category/optimasi-seo
  • http://bloganda.com/category/seo-blog
  • http://bloganda.com/category/seo-blog/2
  • http://bloganda.com/category/seo-blog/3

www dan no-www

jika situs anda mengaktifkan baik www dan non-www sekaligus maka dapat dipatikan semua isi situs memiliki duplikasi. Google memandang situs dengan www dan tanpa www sebagai dua hal yang berbeda. Contohnya, http://caramita.com dan http://www.caramita.com akan dianggap sebagai dua halaman yang berbeda oleh google. Hal serupa terjadi pula pada penggunaan http dan https

Page Pagination

Biasanya pada blog akan dibatasi jumlah post yang ditampilkan pada satu halaman (misyalnya pada home, ketegory atau tags). Halaman blog akan dipaginasi menjadi page 2, page 3, page 4, dst.  Secara default, setiap halaman paginasi akan memiliki Title Tag dan Description Tag yang sama, dan hal ini akan dianggap debagai duplikasi konten.

Postingan dengan Multiple Category atau Tags

Mengelompolan postingan kedalam banyak kategory dan tags akan beresiko menghasilkan duplikasi konten. Misyalnya anda memiliki 10 postingan yang masukan ke dalam ketegori SEO dan juga blogging. maka ada kemungkinan halaman kategori SEO dan halaman kategori blogging akan memiliki isi yang sama atau dianggap sama.

Mengatasi Masalah Duplikasi Konten

Setiap konten yang sama yang bisa diakses menggunakan dua URL atau lebih, maka harus anda redirect menggunakan 301 redirect ke salah satunya, rel=”canonical” di halaman aslinya. Menambahkan  canonical URL bisa dilakukan dengan menambahkan secara manual pada tema wordpress. atau dengan menggunakan plugin Optimasi SEO untuk wordprees

Gunakan Meta Discription dan Title Tag yang berbeda untuk setiap URL Halaman. Agar lebih mudah, gunakan plugin SEO untuk wordpress.

5 Comments

  1. Computer
  2. Php

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
cara menghindari duplikat konten, plugin duplikasi, tentang duplikat dan yang aslinya contoh wordpress