fakor-faktor yang mempengaruhi earning google adsense

Terdapat beberapa faktor yang memepengaruhi earning google adsense, salah satunya adalah nilai dan biaya iklan. Ketika adversiser memasang iklan, maka mereka mentukan jenis tawaran iklan, dan nilai atau biaya pemasangan iklan.

CPC (Cost Per Click) / BPK (Biaya per Klik)

CPC atau dalam bahasa indonesia disebut BPK, dalam istilah google adsense merupakan besarnya biaya yang dibayarkan setiap kali sebuah iklan di klik. Jadi CPC/ BPK merupakan jumlah biaya yang akan anda peroleh per 1 klik iklan.

Besarnya CPC bervariasi tergantung dari berapa harga yang dipasang oleh adversiser. Nilai CPC juga dipengaruhi oleh tingkat persaingan iklan dan kata kunci masing-masing iklan. Untuk mendapatkan estimasi berapa harga CPC pada kata kunci tertentu, anda bisa menggunakan fasilitas keyword tools pada google adword.

CPM (Cost Per MillionImpressions)

CPM adalah besarnya biaya sebuah iklan per 1000 kali tampilan. Jadi jika sebuah iklan menggunakan jenis tawaran CPM, Biaya pemasangan iklan, dan juga jumlah pendapatan yang anda terima dengan menampilkan iklan tersebut akan dihitung berdasarkan jumlah impression (tampilan) iklan.

Misyalnya nilai CPM sebuah iklan adalah $2, maka anda akan mendapatkan $2 jika iklan tersebut tampil 1000 kali di blog. Jenis tawaran baik CPC, CPM, CPP, sdb ditentukan oleh advertiser ketika melakukan pemasangan iklan.

CTR (Click-through Rate)

CTR merupakan jumlah iklan adsense yang di-klik dibagi dengan jumlah iklan yang ditampilkan. Misyal anda memasang 3 ads unit pada halaman blog, maka jumlah ads impression dihitung 3 setiap kali halaman tersebut dibuka.

CTR = Klik / Ad Impressions * 100

contoh : pada blog anda, didapat 5 klik iklan dari total  500 iklan yang ditampilkan, maka nilai CTR anda adalah 1% (5/500*100)

Untuk meningkatkan earning /  pendapatan google adsense, jika dilihat dari jenis peawaran iklan diatas, beberapa hal yang bisa anda lakukan adalah :

  • buat niche blog dengan keyword yang memiliki nilai CPC / CPM tinggi
  • tingkatkan jumlah kunjungan/ trafik visitor ke blog anda, pelajari teknik SEO, SEM, dan baclink building
  • tingkatkan kemungkinan jumlah iklan yang diklik pengunjung
  • selalu manage dan update blog

 

Leave a Reply

Sumber Pencarian :