Fitur Windows 8 : Auto Save Screenshots

Fitur Windows 8 : Auto-Save Screenshots

Auto-Save Screenshots windows 8

Salah satu fitur windows 8 yang sangat membantu namun belum diketahui oleh seluruh pengguna windows 8 OS,  Auto-Save Screenshots. Kalau dalam versi windows sebelumnya (windows 7 atau yang lebih rendah), apabila kita mengambil screenshot layar windows, maka kita harus menggunakan menekan tombol  “PrntScr” pada keyboard, atau jika ingin melakukan screenshoot jendela program yang aktif dengan  menekan “Alt+PrntScr”. Setelah menekan PrntScr, screenshoot akan disimpan di clipboard dan kita harus  mem-paste nya di aplikasi image editor seperti paint, photosho, dsb, kemudian baru bisa menyimpannya dalam bentuk image di drive komputer. Atau alternatif lain pada windows 7 sudah terdapat fitur snipping tool, dimana kita bisa melakukan capture screen dengan lebih mudah dan langsung mnyimpan image nya.

Snipping tool tetap menjadi alternatif yang sangat berguna untuk melakan capture screen termasuk di windows 8, namun  Snipping tool tidak bisa digunakan pada beberapa kasus seperti untuk mendapatkan screen shoot start screen, atau aplikasi yang berjalan dalam mode windows 8 metro, maupun games yang menggunakan mode full windows.

Pada window 8, terdapat cara yang lebih mudah untuk melakukannya, kita hanya perlu menekan tombol Win+PrntScr secara bersamaan dan secara otomatis hasil screenshoot windows akan tersimpan di folder Pictures library. Secara otomatis pada folder pictures akan dibuat folder Screenshots yang berisi hasil screenshoot anda. Hasil screenshots akan tersimpan dengan nama “Screenshot.png” atau “Screenshot (2).png”, “Screenshot (3).png” dan seterusnya.

Yang disayangkan fitur ini tidak mendukung untuk mengambil screenshot dari jendela aplikasi tertentu yang sedang aktif. Saya berharap akan ada tambahan di update windows 8 selanjutnya yang memungkinkan untuk mengambil screenshot dari jendela tertentu yan sedang terbuka, misyalnya dengan menambahkan hotkey Win+Alt+PrntScr untuk mencapture spesific windows.

 

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
mengambil capture website dan auto save, windows 8 tidak bisa screenshot