Jenis Batu Akik Paling Dicari di Indonesia

Demam batu akik yang melanda Indonesia sejak 2014 lalu nampaknya masih berlanjut. Meski tidak seramai beberapa bulan terakhir, namun hingga saat ini antusiasme masyarakat terhadap batu akik masih tetap tinggi. Dari berbagai macam batu akik yang beredar di pasaran, ada beberapa jenis batu yang menjadi primadona dan paling banyak di cari para pecinta batu akik. Selengkapnya, berikut 8 jenis batu akik paling dicari dan paling banyak diminati di Indonesia.

Baca juga : 7 Batu akik termahal di Indonesia

bacan

Jenis Batu Akik Bacan

bacan-doko-cincau-super-kristal--jenis-batu-akik-paling-dicariBatu bacan bisa dikatakan sebagai jenis batu akik terpopuler di Indonesia. Batu khas Halmahera Selatan, Maluku Utara ini terkenal dengan keindahan warna hijau nya yang khas dan ke kristalannya . Batu bacan bahkan kabarnya sering dijadikan souvenir kenegaraan ketika ada pejabat asing yang berkunjung ke Indonesia. Jenis Batu bacan yang paling populer adalah bacan doko dan batu bacan palamea.

Jenis Batu Kalsedon / Chalcedony

Batu-Akik-Pacitan--jenis-batu-akik-paling-dicariKeluarga batu kalsedon mungkin yang paling banyak dicari di Indonesia. Banyak jenis batu kalsedon yang populer di Indonesia seperti diantaranya lavender, akik keladen, solar, red raflesia, akik pacintan dan banyak lagi lainnya

 

Jenis Batu Kalimaya / Opal

opal-kalimaya--jenis-batu-akik-paling-dicariBatu kalimaya atau nama di pasaran internasional disebut opal, menjadi satu dari sekian banyak jenis batu permata yang paling populer di dunia. Batu kalimaya memiliki ke khasan tersendiri yang tidak ditemukan pada batu lainnya, yaitu dengan adanya efek playing color atau jarong yang membuat batu ini tampak berwarna warni ketika terkena cahaya.

Batu ini banyak ditemukan di negara Ethiopia Afrika, India, Meksiko, Australia dan juga Mesir, untuk di Indonesia sendiri batu opal terbaik ditambang di Daerah Kali Maja (yang kemudian digunakan sebagai nama batu kalimaya) Banten. Jenis batu kalimaya sendiri ada banyak, seperti black opal, fire opal, yellow opal, white opal, kristal opal, wood opal, dsb.

Jenis Batu Safir

batu-cincin-safir-jenis-batu-akik-paling-dicariBatu safir sudah digunakan sebagai perhiasan sejak lama karena memiliki tingkat kekerasan yang tinggi sehingga tidak mudah tergores. Batu ini juga terkenal dengan keindahan warna nya yang sangat klas. Meski harga batu safi tergolong mahal, namun batu ini memiliki segmen pasar tersendiri dan memiliki banyak penggemar

 

Jenis Batu Ruby

ruby--jenis-batu-akik-paling-dicariRubi tergolong satu keluarga dengan safir, sama-sama memiliki kandungan mineral corundum yang dominan. Ruby terkenal dengan warna merah nya yang sangat indah.

 

Jenis Batu Zamrud

zamrud-jenis-batu-akik-paling-dicariBatu dengan warna khas hijau ini juga sangat dikenal dikalangan pecinta batu akik. Jenis batu ini sudah dikenal sejak ribuan tahun digunakan sebagai batu perhiasan. Batu dengan kekerasan 7.5 skala mohs ini sangat dihargai dan dimuliakan pada zaman kerajaan karena dianggap sebagai lambang kemakmuran juga kedamaian. Jadi pantas rasanya jika batu ini dihargai sangat mahal dari dulu sampai sekarang.

Jenis Batu Pancawarna

pancawarna-akik-edong-jenis-batu-akik-paling-dicariBatu pancawarna memiliki keunikan tersendiri karena memiliki banyak warna. Motif batu pancawarna banyak juga yang membentuk karakter tertentu, bentuk hewan, lafad atau huruf, bahkan gambar pemandangan.  Batu pancawarna yang paling populer di Indonesia adalah batu pancawarna  asal Garut, Jawa Barat seperti pancawarna edong dan pancawarna darson yang memiliki banyak warna yang indah.

Jenis Batu Topaz

London Blue Topaz - -jenis-batu-akik-paling-dicariBatu Topaz termasuk batu yang memiliki tingkat kekerasan tinggi dan warna yang indah sehingga digolongkan kedalam kelompok batu permata. Topaz memiliki banyak pilihan warna sepert putih, jingga, kuning dan juga kemerahan, namun yang paling populer adalah blue topaz yang berwarna biru seperti london blue topaz dan swiss blue topaz. Jenis batu ini bisa ditemukan di negara Brazil, Srilanka, Meksiko juga di negara Rusia. Bagi yang percaya akan khasiat dari batu akik, batu jenis ini bisa mengurangi depresi bagi penggunanya.

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
jenis batu akik, batu akik internasional, batu akik yang banyak di cari bulan skr, batu orange raflesia super, batu panca warna yg paling banyak dicari, jenis batu akik yg masih banyak di Cari