Jenis kucing peliharaan terpopuler

Sejak dulu kucing sudah menjadi hewan peliharaan dan sahabat manusia. Bahkan dalam agama islam, menurut beberapa riwayat Rosulullah Nabi Muhammad SAW sendiri menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Beberapa dari anda mungkin juga memiliki kucing sebagai hewan perliharaan di rumah, tapi tahukah anda kenapa kucing menjadi salah satu hewan peliharaan populer? Mungkin beberapa fakta menarik tentang kucing dan manfaat positif memelihara kucing dapat menjadi salah satu alasannya.

Di dunia, termasuk di Indonesia terdapat beberapa jenis kucing yang populer dan banyak dijadikan peliharaan, jenis kucing apa saja yang dimaksud? mari kita simak

Kucing American Bobtail

American Bobtail adalah salah satu ras kucing yang berkembang melalui seleksi alamiah. Kucing jenis bobtail (ekor pendek) sudah ada di amerika sejak lama, manun program pengembangbiakan baru mulai berkembang sekitar akhir 60-an. Ciri utama ras ini adalah ekor yang tebal dan pendek, sekitar 1/3 panjang normal ekor kucing. Seperti juga pada kucing Manx, bentuk ekor yang pendek tersebut merupakan hasil mutasi genetik.

Kucing Persia / Persian Cat

Kucing Persia merupakan kucing yang sangat cantik dan indah dengan bentuk tubuh yang besar, padat, kepala besar dan bulat, ditutupi lapisan bulu yang tebal. Orang awam pun pasti langsung bisa mengenali kucing persia. Kepala persia besar dan bulat, hidung pesek dan lebar dengan celah pembatas yang jelas dengan mata. Rahang kuat dan lebar, pipi penuh ditopang tulang pipi yang menonjol. Kucing persia mudah beradaptasi dengan berbagai macam tempat, suka bermain dan mudah untuk disayangi. Ekspresi wajah yang manis dengan sifat tenang bisa duduk dan tidur disatu tempat selama berjam-jam, tidak berisik serta bersuara lembut

Kucing Himalaya / Himalayan Cat

Ras kucing Himalaya merupakan ras kucing hasil persilangan antara ras kucing Siamdengan Persia sehingga diharapkan menghasilkan peranakan dengan tipe tubuhPersia tetapi pola warna rambut kucing Siam. Kucing Himalaya memiliki kucing berbulu panjang dan lebat yang mirip dengan kucing Persia. Kemiripan kucing ini dengan kucing Persia tidak terelakkan, mulai dari bulunya yang panjang hingga hidungnya yang pesek, mirip sekali dengan kucing Persia.  Kucing Himalaya memiliki ciri khas sendiri yang membedakannya dari kucing Persia. Ciri khas tersebut adalah warna bulunya yang lebih gelap di area-area tertentu (wajah dan ekornya) dan matanya yang berwarna biru khas.

Kucing Kampung

Kucing kampung atau kucing lokal tentunya sudah tidak asing lagi. kita bisa dengan mudah menjumpainya di sekitar rumah atau dijalan. Kucing ini bisa terlihat lebih cantik tentu jika Anda merawatnya dengan penuh kasih sayang

Kucing Anggora

Kucing Anggora berasal dari wilayah Turki yang dulu bernama Anggora. Sekilas kucing Anggora mirip dengan kucing lokal, namun memiliki bulu tebal dan ekor panjang seperti musang. Kucing anggora memiliki postur tubuh yang sedang dan seimbang, ekornya panjang, kakinya ramping, berbulu panjang, dan bermata lebar. Mata kucing anggora cukup unik, beberapa kucing memiliki warna mata yang berbeda warnanya daripada mata sebelahnya (odd eyes). Bulu kucing anggora ternyata dapat menyesuaikan diri dengan musim, bulu mulai tumbuh pada musim panas dan ketika musim dingin tiba bulu kucing anggora sudah memanjang dan lebat. Perbedaan kucing anggora dengan kucing persia adalah dalam hal penampilannya. Bulu kucing anggora lebih pendek daripada kucing persia. Kucing anggora memiliki hidung yang lebih panjang, sedangkan kucing persia hidungnya lebih pendek dengan muka yang lebih datar.

 

Kucing Ragdoll

Sejarah Ragdoll dimulai di California pada tahun 1963. Ann Baker, seorang pembiak kucing persia mempunyai kebiasaan meminjam kucing jantan hitam (bernama blackie) dari tetangganya (Mrs. Pennels). Blackie mempunyai fisik seperti kucing persia hitam yang dihasilkan dari induk berwarna putih yang bernama Josephine. Josephine adalah kucing dengan fisik seperti angora yang mempunyai panjang bulu medium. Ragdoll termasuk kucing berbadan besar dan jinak, mempunyai bulu medium-panjang dengan tekstur seperti bulu kelinci. Ragdoll akrab dengan manusia dan mudah beradaptasi

Siamese cat

Siamese adalah salah satu yang pertama jelas diakui kucing Oriental breeds. Asal tepat dari Siamese tidak diketahui, tetapi diyakini berasal dari Asia Tenggara. Standar berkembang biak dari Siamese Modern menunjukkan elegan, ramping, bergaya, fleksibel dan tubuh berotot. kepala berbentuk segitiga, dengan moncong tipis. Mata berbentuk almond dan miring. Rambut pendek, mengkilap, halus, lembut, ketat dan dipatuhi tubuh. Siamese ditandai dengan skema warna khas runcing. Seekor kucing Siamese selalu ingin menjadi pusat perhatian. Mereka ingin diperhatikan. Kucing ini sangat komunikatif, yowling dengan suara serak untuk perhatian atau hanya untuk diajak ngobrol! Mereka cenderung terlalu ramai atau menangis banyak jika Anda mengabaikannya. Mereka ramping dan atletis dengan telinga yang besar. bulu mereka yang pendek dan terletak dekat dengan kulit mereka. Mereka suka membelai, dan sangat setia dan dekat dengan satu orang. Mereka sangat cerdas dan penuh kasih.

The Maine Coon cat

Semua anggota tubuh maine coon merupakan hasil dari fungsi adaptasi terhadap iklim dan cuaca yang ekstrim. Bulu yang mengkilap, tebal dan “anti air”, serta bulu tebal di bagian  leher, perut dan kaki berfungsi melindungi tubuh dari salju dan suhu dingin. Ekor panjang dengan bulu tebal, pada saat tidur dilingkarkan melindungi tubuh dari suhu dingin. Mata dan telinga besar mencerminkan kemampuan penglihatkan dan pendengaran yang lebih. Maine Coon adalah kucing yang dekat dengan manusia, tidak sepenuhnya independen tetapi juga tidak selalu mencari perhatian pemiliknya. Dibandingkan persia yang lebih suka tidur dipangkuan, maine coon lebih aktif dan suka berada dekat disekitar pemiliknya.

Abyssinian cat

Abyssinian adalah salah satu ras kucing tertua yang pernah diketahui. Penampilan kucing dari ras ini menyerupai lukisan dan patung yang berasal dari zaman mesir kuno. Tubuh berotot, lengkungan leher dan bahu yang indah, telinga besar dan mata dengan bentuk menyerupai almond.

The Exotic Shorthair

Akhir 50-an para breeder kucing American Shorthair (ASH) secara diam-diam mulai mengawinkan kucing ras Persia berwarna silver dengan dengan ASH. Perkawinan dengan ini bertujuan memperkaya genetik, memperbaiki bentuk dan tipe badan serta menghasilkan warna silver. Hasil perkawinan tersebut berupa kucing American Shorthair dengan karakteristik persia. Kepala lebih bulat dan lebar, hidung lebih pesek, telinga lebih kecil, badan lebih padat dan lebar, bulu lebih lembut, tebal dan lebih panjang dari ASH. Penampilan ras hibrida tersebut sangat indah, tetapi tidak menunjukkan karakteristik ASH yang sebenarnya.

Burmese Cat

Bila dilihat dari depan, bentuk kepala bulat dan melengkung kearah tengkorak. Jika diperhatikan bentuk beberapa kepala Burmese bervariasi, ukuran telinga sedang, melebar pada bagian bawah dan ujungnya lancip. Mata bulat lebar dengan garis mata bagian atas mencirikan khas oriental. Badan berukuran sedang tetapi berat. Garis pungung rata, dada melengkung dan memperlihatkan perototan yang cukup baik. Kaki proposional dengan ukuran badan, ekor lurus dan panjangnya sedang, bagian pangkal tidak terlalu besar.

Sphynx Cat

Kucing Ras Sphynx (dahulu bernama Canadian hairless) adalah ras dengan kucing yang mempunyai bulu pendek atau sedikit sekali. Bulu kucing tersebut sangat halus seperti lapisan tipis pada kulit. Ras ini dihasilkan dari kucing-kucing yang mengalami mutasi genetik. Kucing ini memiliki panjang badan sedang, tegap dan membulat didaerah perut seperti tabung serta dada lebar. Kepalanya lebih panjang dibanding lebarnya dan berbentuk segitiga. Dahinya rata dan tulang pipi menonjol, hidung pendek dengan lekukan yang jelas atau hanya sedikit lekukan. Dagu tegas dan sedikit kumis, pendek atau sama sekali tanpa kumis.

Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold merupakan jenis kucing unik yang memiliki penampilan berbeda dengan kucing lainnya. Jika kebanyakan kucing memiliki daun telinga yang meruncing, maka kucing ini memiliki daun telinga yang menutup. Dengan bentuk daun telinga yang mengatup serta hobinya yang duduk dalam posisi Budha, membuat kucing ini menjadi salah satu kucing paling menggemaskan di dunia. Harga Kucing Scottish Fold adalah sekitar ratusan hingga ribuan dolar

3 Comments

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
jenis kucing, jenis jenis kucing, jenis kucing peliharaan, Jenis2 kucing, jenis jenis kucing peliharaan, macam macam kucing, kucing peliharaan, jenis-jenis kucing, macam kucing, jenis2 kucing peliharaan, jenis kucing besar peliharaan, kucing himalaya biasa, jenis kucing anggora, macam macam jenis kucing, jenis kucing hias