Jenis-Jenis Teknologi Layar Sentuh dan cara kerja touchscreen

Layar Sentuh atau Touchscreen merupakan sebuah terobosan dalam dunia teknologi dimana interaksi user dengan mesin misyal komputer, handphone, dll dapat dilakukan dengan menggunakan sentuhan pada layar. Teknologi layar sentuh / touchscreen sekarang ini banyak diterapkan terutapa pada telepon genggam/ handphone, misyalnya pada smartphone android. Dari waktu-ke waktu teknologi layar sentuh terus dikembangkan guna memberikan hasil yang lebih presisi.

Secara garis besar, teknologi layar sentuh yang ada sekarang ini dapat dibagi pada beberapa jenis, yaitu :

1.  Resistive
2. Capacitive
3. Surface Acoustic Wave
4. Infrared

Layar Sentuh Resistive

Pada resistive touchscreen, lapisan layar tersusun atas dua lapisan tipis yang terbuat dari kaca atau polister yang dilapisi dengan material yang bersifat konduktor yang disebut Indium Tin Oxide (ITO) yang pada permukaannya terdapat bintik-bintik kecil yang disebut spencer dot. Sementara antara kedua lapisan tersebut terdapat sebuah ruang yang memisahkannya. Arus listrik mengalir pada seluruh bagian layar, dan ketika tekanan diberikan pada layar, kedua lapisan tersebut saling berhimpitan yang kemudian menyebabkan adanya aliran arus listrik. Perubahan arus listrik tersebut dideteksi oleh sebuah controller sebagai sebuah perintah/ sentuhan pada koordinat tertentu. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut :

layar sentuh resistive

komponen layar sentuh resistive (engineersgarage.com)

Jenis layar sentuh resistive akan bekerja jika diberikan tekanan pada layar yang membuat kedua lapisan tipis pada layar saling berhimpit. Layar sentuh jenis ini bisa bekerja jika disentuh (ditekan) dengan menggunakan jari, kuku, stylus, plastik atau benda apapun.

Layar Sentuh Capacitive

Capacitive Touchscreen adalah teknologi layar sentuh yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Layar Sentuh Capacitive memberikan akurasi dan presisi yang lebih tinggi terhadap rangsangan sentuhan. Saat ini teknologi capacitive touchscreen bahkan telah mampu menerima operasi multi-touch. Biasanya layar ini digunakan pada perangkat smartphone android. Layar sentuh Kapasitif hanya akan bekerja jika disentuh oleh tangan atau benda lain yang bersifat konduktif (dapat menghanratkan arus) seperti, aluminium, besi, dsb.

Karena sifatnya, layar sentuh jenis ini, sekarang ramai digunakan untuk dijadikan media untuk membedakan batu akik asli atau yang terbuat dari kaca. Baca : Fakta dibalik menguji batu akik dengan layar sentuh HP Android

Layar sentuh capacitive terdiri dari panel kaca dilapisi dengan kapasitif (konduktif) bahan Indium Tin Oxide (ITO). Ada berbagai teknologi kapasitif yang tersedia seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Surface-Capacitive screens

Dalam teknik ini hanya satu sisi dari isolator dilapisi dengan lapisan konduktif/ penghantar arus listrik. Sementara monitor operasional, medan elektrostatik ditempatkan di atas lapisan konduktif. Setiap kali jari menyentuh layar, konduksi muatan listrik terjadi di atas lapisan uncoated yang menghasilkan pembentukan kapasitor yang dinamis. Controller kemudian mendeteksi posisi sentuhan dengan mengukur perubahan kapasitansi pada empat sudut layar.

Surface-Capacitive screens

Projected-Capacitive Touchscreen

Pada Projected-Capacitive Touchscreen, lapisan konduktif membentuk grid elekroda horizontal sehingga membentuk baris dan kolom (koordinat x dan y). Sedangkan pada layar proyektif terdapat sensor di setiap persimpangan baris dan kolom, sehingga meningkatkan akurasi sistem.

Projected-Capacitive Touchscreen

Acoustic Wave Touchscreen

Pada layar sentuh dengan teknologi Acoustic Wave Touchscreen, layar terdisi dari dua transduser (pengirim dan menerima) yang ditempatkan di sepanjang sumbu X dan Y. Gelombang merambat pada layar dan dipantulkan oleh reflektor kembali ke sensor. Ketika layar disentuh, gelombang akan terganggu dan sentuhan terdeteksi pada saat itu. Layar jenis ini bisa digerakan/ dioperasikan baik dengan sentuhan jari, stylus atau benda non konduktor sekalipun

Acoustic Wave Touchscreen

Infrared Touchscreen

Dalam ayar sentuh dengan teknologi Infrared Touchscreen, terdapat serangkaian IR Leds yang membentuk array sumbu X dan Y, serta sebuah foto-detektor (detektor cahaya).  Foto detektor akan mendeteksi adanya perubahan pola cahaya yang dipancarkan oleh Leds setiap kali pengguna menyentuh monitor / layar.

infra red touchscreen

Demikian beberapa teknologi yang digunakan pada layar sentuh/ touchscreen, semoga bermanfaat, jika adayang kurang silahkan ditambahkan pada komentar

One Response

  1. ahmed

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
layar sentuh, cara kerja touchscreen, teknologi layar sentuh, cara kerja layar sentuh, komponen hp layar sentuh, cara kerja touchscreen android, layar touchscreen, cara kerja touch screen, teknologi touchscreen, Cara kerja layar sentuh android, jenis touchscreen, jenis jenis touchscreen, cara kerja layar sentuh kapasitif, cara kerja layar sentuh smartphone, jenis jenis touchscreen dan fungsinya