Manfaat Blogging Bagi Seorang Blogger

Bagi seorang blogger sejati, kegiatan bloggging merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Seorang Blogger bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam ketika asik ngeblog. Aktifitas blogging itu sendiri tidak hanya terbatas pada kegiatan menulis blog atau mengupdate konten, tapi masih banyak kegiatan lain yang merupakan bagian dari blogging. Silahkan baca : Macam-macam Aktifitas yang Dilakukan Ketika Blogging

Tapi tahukah anda, kalau ternyata kegiatan blogging memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat yang didapat dari kegiatan blogging? Mari simak ulasannya berikut ini.

Menambah Informasi dan Pengetahuan

Hal terpenting yang dilakukan blogger saat sedang ngeblog tentunya adalah mengupdate konten blog miliknya. Untuk membuat sebuah postingan blog baru, tentunya dibutuhkan ide dan konten yang memadai. Seorang blogger biasanya akan mencari sejumlah referensi untuk menambah bobot dari konten tersebut. Ketika mencari sumber ini, tentunya kita akan mendapatkan sejumlah informasi baru dari beberapa rujukan dan sumber.

Seperti sebuah ungkapan, “semakin senang seseorang menulis, maka akan semakin banyak juga ia membaca”. Seorang blogger akan selalu mengupdate ilmunya dan mencari ide serta inspirasi untuk kemudian dituangkan dalam blognya.

Memperoleh informasi yang up-to-date

Googling, browsing dan blogwalking sudah pasti akan dilakukan oleh setiap blogger. Seperti diuangkapkan diatas, kegiatan ini-pun merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan sejumlah informasi yang sedang kita butuhkan. Blogger akan rajin mencari informasi baru dari berbagai sumber dan akan mendapatkan informasi yang up-to-date

Mengasah keterampilan menulis

Menulis bukan perkara yang mudah dilakukan. Ketika berusaha menulis sebuah artikel misyalnya, tak jarang kita stack saat baru memperoleh beberapa paragraf saja. Ala bisa karena biasa, menulis adalah sebuah skill yang harus diasah. Semakin rajin seorang blogger menulis konten blognya, semakin terasah juga keterampilan menulisnya.

baca juga : Trik Membuat Konten Blog Berkualitas

Meningkatkan Personal Branding

Blog yang kita miliki juga berfungsi sebagai personal branding. Blog yang baik akan meningkatkan citra pemiliknya. Konten-konten yang ditampilkan di blog adalah sebuah portofolio online yang bisa diakses oleh siapa saja yang memiliki ketertarikan yang sama dengan Anda.

Isi blog mencerminkan kemampuan dan pribadi pemiliknya. Keunikan dan kualitas konten sebuah blog bisa menjadi salah satu gambaran skill dan pengetahuan yang dimiliki penulisnya. Bahkan menurut salah seorang konsultan HRD, isi blog dan media sosial yang dimiliki oleh seorang pelamar pekerjaan juga merupakan salah satu faktor yang akan menentukan apakah dia diterima atau tidak.

Mendapatkan Penghasilan

Blog juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan. Sekarang ini banyak blogger yang berhasil mendapatkan uang yang lumayan dari blog miliknya. Anda bisa monetisasi blog agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Silahkan baca : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Memiliki Banyak teman

Blogging juga bisa dijadikan ajang bersosialisasi dan mencari teman. Anda bisa bergabung dalam komunitas blogger yang se-wilayah atau yang memiliki minat yang sama. Banyak komunitas blogger yang bisa kita temukan, dan biasanya secara berkala komunitas ini akan mengadakan kopdar (kopi darat) yang dijadikan ajang mempererat silaturahmi dan ajang berkumpul para blogger.

Mendapatkan pahala

Sekecil apapun hal yang anda berikan, anda pasti akan mendapatkan balasannya. Tak berbeda dengan blogging, ketika kita memposting dan membagikan sebuah informasi yang bermanfaat melalui blog yang kita miliki, maka secara tidak langsung kita telah membantu orang lain untuk dapat memperoleh informasi tersebut.

Yakinlah, semakin banyak kita berbagi ilmu maka akan semakin banyak juga ilmu yang kita dapatkan, maka dari itu mari berbagi ilmu dan happy blogging!!

Leave a Reply

Sumber Pencarian :