Menampilkan informasi penulis pada hasil pencarian : Google Authorship Markup

Menampilkan informasi penulis pada hasil pencarian google; Ketika melakukan pencarian dengan mesin pencari google, anda mungkin akan mendapatkan beberapa hasil penelusuran yang memiliki foto wajah dan nama penulis di sampinya dan sebagian lagi tanpa informasi penulis. Kenapa beberapa website/ blog memiliki foto penulis di hasil pencarian sedang beberapa lainnya tidak? Dan bagaimana cara agar photo penulis bisa muncul di halaman hasil pencarian? Mari kita bahas sedikit tentang hal ini. 

Jika anda menemukan sebuah halaman website yang memiliki informasi penulis berupa foto dan (atau) informasi penulis lainnya pada snippet (cuplikan) di halaman hasil penelusuran google, hal tersebut terjadi karena pada halaman tersebut telah ditambahkan Google Authorship Markup. Jika ingin menambahkan hal ini, anda bisa melakukan verifikasi kepenulisan blog anda dengan cara mudah yang akan dijelaskan dibawah ini. Namun sebelumnya, pastikan anda memiliki akun google dan Profil Google+ karena informasi penulis yang ditampilkan berasal dari  Profil Google+

Apa itu Google Authorship?

Google Authorship memungkinkan anda untuk mangaitkan dan memverifikasi informasi penulis dengan konten website/ blog. Dengan melakukan verifikasi Google Authorship pada blog akan membantu anda mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut :

  • foto dan informasi anda sebagai penulis ditampilkan di hasil pencarian
  • pengguna search engine bisa memilih untuk melihat semua konten dari semua situs/ blog yang anda tulis.
  • meningkatkan lick-through rates konten
  • membangun kredibilitas dan popularitas anda sebagai penulis
  • meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan user terhadap halaman web
  • meningkatkan rangking pada hasil pencarian dengan google author rank
  • anda bisa memantau semua konten yang anda tulis (dari semua web/ blog) dengan google author stat analytic

Google Author Rank menjadi topik menrik perhatian para blogger, pratisi SEO dan search engine marketing. Meskipun google tidak secara resmi merilis keterangan resmi tentang hal ini, pada buku terbarunya, “The New Digital Age”, Chairman Google Eric Schmidt mengatakan :

Within search results, information tied to verified online profiles will be ranked higher than content without such verification, which will result in most users naturally clicking on the top (verified) results. The true cost of remaining anonymous, then, might be irrelevance.

Dari pernyataan Eric Schmidt diatas, maka diambillah sebuah kesimpulan kalau Google Author Rank akan membangun popularitas anda sebagai trusted author dan juga konten yang anda buat, serta berdampak pada peningkatan rangking halaman. 

Bagaimana cara Memverifikasi Google Authorship (sudah dihentikan)

Buat Profil Google+

Jika anda belum memiliki profil google plus, silahkan terlebih dahulu membuat dan melengkapi profil google+. Jangan lupa untuk mengunggah foto wajah berkualitas tinggi dan mengisi beberapa informasi profil seperti kota asal, dll.

Ada beberapa cara untuk melakukan verifikasi kepenulisan pada konten anda dan mengaitkannya dengan profil google+ :

Cara I : Menggunakan verified email andress

cara ini terbilang cara yang paling mudah, namun anda membutuhkan alamat email dengan nama domain yang sama dengan alamat web dimana konten anda berada (email@domainanda.com). Untuk melakukan verifikasi dengan cara ini silahkan ikuti langkah berikut :

  • login ke akun google + anda
  • buka https://plus.google.com/authorship
  • masukan alamat email anda (harus @domainanda.com)

  • klik signup for authorship
  • link konfirmasi akan dikirim ke email anda, silahkan buka email yang tadi anda masukan

Cara II : Mengaitkan konten dengan ptofil google+

Jika tidak memiliki email dengan nama domain blog, anda bisa menverifikasi kepenulisan dengan cara mengaitkan seluruh konten yang anda tulis dengan akun google+ anda. Dengan cara ini, anda harus menambahkan sedikit skrip html pada halaman anda.

  • login terlebih dahulu pada akun google+ anda
  • Tautkan link google plus di blog
  • tambahkan link berikut pada halaman anda

contoh : Dea Rokhmatun Iradewa

<a href=”https://plus.google.com/105121566107849780040?rel=author”>Dea Rokhmatun Iradewa</a>

  • Tambahkan reciprocal link back pada profil google+ anda, buka http://plus.google.com/me/about/edit/co, pada bagian Contributor to,  klick Add custom link, kemudian masukan alamat website anda

 

Cara III : Pasang Google+ Badge

 

Untuk mengecek apakah Status Kepengarangan telah terverifikasi dan terpasang dengan benar atau tidak serta seperti apa halaman anda ditampilkan pada search engine, silahkan gunakan structur data testing tools

Sejak Agustus 2014 Google secara resmi telah menghentikan penggunaan authorship markup, dan tidak lagi menampilkan foto maupun nama penulis pada hasil pencarian, silahkan baca Google Authorship Markup Sudah Dihilangkan

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
menampilkan alamat email penulis pada email blogspot