Menciptakan kesan pertama yang mengagumkan

 “Taktik temudah untuk menciptakan kesan pertama yang menyenangkan adalah dengan memberikan senyuman dan senyuman. Senyum setidanya mengandung empat makna, yakni kepercayaan diri, kebahagiaan, antusiasme dan yang terpenting penerimaan. Orang yang tersenyum (bukan berarti tertawa) secara psikologis dianggap lebih memiliki kepercayaan diri karena pada saat merasa tidak yakin baik itu terhadap perasaan sendiri atau lingkungan sekitar atau pada keadaan gugup kita tenderung seulit untuk tersenyum atau tampak senyuman yang dibuat-buat dan tidak natural. Dan tentu saja senyuman melambangkan kebahagiaan dan kita cenderung akan lebih tertarik pada orang yang bahagia karena secara psikologis akan menularkan kebahagiaannya pada kita. Antusiasme sangatlah penting dan menjadi salah satu faktor terpenting karena akan menanamkan kesang yang baik dan mudah menular pada orang lain.

Senyuman juga mengisyaratkan kalau kita menyukai suatu tempat, kejadian, sesuatu atau seseorang yang berinteraksi dengan kita dan orang itu secara tak sadar akan merasa lebih tertarik pada kita. Senyuman mengandung makna penerimaan, dan dengan itu kita akan membiarkan orang lain menyadari kalau kita menerima nya dengan senang hati dan apa adanya. Berkenaan dengan pandangan pertama, ada sesuatu hal yang disebut proses pertama yaitu proses di mana kesan pertama kita pada seseorang akan menyebabkan penafsiran akan tingkah laku berikutnya. Oleh karena itu kesan pertama sangatlah penting karena pandangan kita terhadap sesuatu atau seseorang akan sangat dipengaruhi oleh pandangan awal kita terhadapnya, dan image tersebut akan melekat pada hal atau orang itu.

Begitu pentingnya pengaruh pertama sehingga urutan informasi yang kita terima tentang sesuatu atau seseorang pun mempengaruhi peniaian kita terhadapnya. Bandingkan dua urutan berikut : 1. Orang yang sinis, rajin, kritis, praktis dan teguh pada pendirian 2. Orang yang ramah, rajin, kritis, praktis dan teguh pada pendirian menurut Harold Kelley, penelitiannya menyimpulkan bahwa orang akan memberikan penilaian yang jauh lebih baik terhadap seseorang ketika diberikan informasi sesuai daftar 1, dibanding daftar 2, padahal seluruh informasi tersebut sangat identik kecuali pada urutan pertama. begitu membaga kata pertama, semua informasi berikutnya akan tersaring melalui persepsi awal orang ini, yaitu Sinis atau Ramah. Buatlah kesan pertama yang positif karena hal itu akan sangat mempengaruhi penilaian orang terhadap kita, oleh karena itu dalam sebuah iklan mungkin anda pernah mendengar slogan “Kesan pertama begitu menggoda dan selanjutnya terserah anda”

One Response

  1. http://handysafes.weebly.com

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
content, faktor yang mempengaruhi kesan pertama, pengaruh kesan pertama