Mengubah Permalink WordPress Agar Lebih SEO Friendly

Merubah URL blog kedalam bentuk yang lebih search engine friendly sangat penting bagi blog. Jika menggunakan wordpress sebagai platform blog / website anda, anda tentu sudah tau kalau secara default blog yang dibangun dengan CMS wordpress akan memiliki permalink URL standard seperti berikut ini  domainanda.com/?p=123. Bentuk permalink default tersebut jelas terlihat jelek dan tidak seo friendly, bahkan tidak user friendly. Anda bisa merubah bentuk permalink blog agar lebih SEO friendly dengan melakukan setting permalink di halaman dashboard blog. Idelanya, perubahan setting permalink anda lakukan pada saat pertama kali menginstall wordpress di hostingan anda. Lihat 8 hal penting yang harus dilakukan setelah menginstall wordpress. Ingat, bentuk permalink yang lebih SEO friendly memungkinkan anda mendapatkan SEPR dan trafik yang lebih tinggi. 

Untuk merubah permalink, login ke dashboard wordpress anda, kemudian pilih SettingPermalinks

Jika anda sudah terlanjur membuat blog anda namun belum mengubah permalink standar, saya anjurkan untuk segera merubahnya kedalam bentuk yang lebih SEO friendly. Ingat, bentuk permalink yang lebih SEO friendly memungkinkan anda mendapatkan SEPR dan trafik yang lebih tinggi.

Masalahnya biasa nya terjadi ketika anda sudah menseting permalink blog dan kemudian ingin mengubahnya kedalam bentuk permalink baru. Misyal sebelumnya permalink blog berbentuk domainanda.com/2004/06/sample-post dan anda ingin mengubahnya menjadi domainanda.com/sample-post. Perubahan ini akan menghasilkan 404 not found error. Ketika ada user yang mengunjungi alamat domainanda.com/2004/06/sample-post maka akan ditemukan 404 error karena alamat tersebut sudah anda pindahkan. Masalaha serupa biasanya juga terjadi ketika anda melakukan migrasi blog.

Untuk mengatasi masalah errro 404 yang nantinya akan muncul, anda bisa mengubah status halaman yang not found menjadi 301 Redirects.  301 redirection artinya halaman tersebut telah dipindahkan secara permanen. Anda bisa mengakali perubahan permalink dengan menggunakan plugin 301 Redirection. Silahkan baca 5 Plugin 301 Redirection Terbaik 

One Response

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
cara mengubah permalink wordpress, mengedit wordpress agar seo