Optimalisasi SEO Toko Online

Optimalisasi SEO Toko Online; Toko online atau online store (terkadang disebut online shop) saat ini sudah sangat menjamur. Pangsa pasar yang luas menjadi salah satu faktor kenapa toko online kini semakin banyak. Tapi jumlah toko online yang banyak ini juga justu yang menjadikan saingan anda dalam berjualan online semakin banyak. Untuk itu sebagai pemiliki toko online, tentunya harus memiliki kiat-kiat dan strategi tersendiri agar toko online anda bisa bersaing dengan toko serupa yang bisa ditemukan dengan mudah di Internet.

Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan penjualan di toko online adalah dengan membuat situs online shop anda tampil di search engine ketika ada calon pembeli yang mencari suatu barang atau produk di mesin pencari. Untuk itu, diperlukan optimasi pada situs / website toko online agar SEO Friendly dan menempati posisi atas pada mesin pencari semisal google.

Berikut beberapa tips untuk mengoptimasi SEO Toko Online

Gunakan Domain yang Tepat

Ketika memutuskan meembuat website untuk online shop anda, pastikan anda memilih nama domain yang tepat yang akan digunakan sebagai alamat situs toko online anda. Nama domain, selain sebagai brand bagi toko anda, juga merupakan salah satu faktor penentu ranking di mesin pencari (SEO Ranking factor). Silahkan baca : Tips memilih Nama Domain Untuk Bisnis Online

Gunakan Responsive Desain

Kita harus sadar, bahwa saat ini sebagaian besar pengguna internet menggunakan smartphone untuk mengakses internet. Maka sangat penting bagi website yang kita miliki untuk mampu dibuka dan diakses dari berbagai perangkat termasuk PC, smartphone, dsb. Untuk itu sangat penting untuk menggunakan desain responsive. Desain responsive mampu menyesuaikan tampilan ketika dibuka pada berbagai resolusi layar. Baca: Pengaruh Themes Terhadap rangking dan SEO

Gunakan URL Permalink yang SEO Friendly

Gunakan permalink yang clean dan tidak terlalu panjang. Baca Mengubah Permalink Agar SEO Friendly

Gunakan Title yang unik untuk setiap produk

Pastikan anda menggunakan title yang unik dan berbeda untuk setiap halaman produk. Anda bisa menggunakan jenis produk dan tipe produk yang anda gunakan sebagai title. Jangan pernah membuat tittle yang sama pada postingan produk meskipun produk yang anda masukan di toko online anda pada kenyataannya sama.

Buat Deskripsi Produk yang Unik

Kesalahan yang banyak ditemukan pada toko online adalah menggunakan deskripsi produk yang sama. Usahakan untuk membuat deskripsi pada produk seunik mungkin agar tidak dianggap duplikat konten oleh google.

Optimalkan Gambar

Gambar adalah hal yang wajib ada pada halaman produk di toko online. Menggunakan gambar yang bagus, jelas dan tajam mungkin akan menarik pengunjung untuk membeli di toko anda. Tapi ingat, sebaiknya anda juga mengoptimasi gambar yang ditampilkan dalam situs online shop agar lebih SEO friendly dan juga user frienly. Jangan gunakan resolusi gambar yang terlalu besar, karena akan membuat size menjadi besar dan halaman lebih berat ketika di-load.

Pastikan juga untuk menggunakan attribut alt dan title pada gambar. Baca : Tips SEO untuk mengoptimalkan Gambar

Gunakan webmaster tools

cara daftar google webmaster tools

cara daftar bing webmaster tools

Silahkan baca juga : Dasar-dasar SEO

Promosi di Situs Jual Beli & FJB

Situs jual beli, iklan jual beli dan forum jual beli selain berguna sebagai media promosi produk yang anda jual, juga berguna untuk membangun backlink ke web anda. Baca : Situs Jual beli terpopuler di Indonesia

Gunakan Media Sosial

Peranan media sosial dalam SEO tidak bisa dianggap sepele. Gunakan media sosial untuk mempromosikan link produk di situs anda.

One Response

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
agar blog toko online bisa tampil di smartphone, cara membuat search engine di toko online