penyebab pendapatan google adsense rendah

Jumlah pendapatan google adsense atau earning yang rendah, tentunya menjadi hal yang sangat menjengkelkan bagi pemain google adsense, terlebih blogger yang baru mengikuti program adsense dan sedang berusaha menghasilkan uang dari blog dengan google adsense. Bahkan sebagian blogger bisa dibuat frustasi karena setelah sekian lama memasang iklan adsense, tidak pernah merasakan pay out sekalipun disebabkan jumlah pendapatan/ earning yang sangat rendah.

Jika anda mengalami hal yang serupa, sebaiknya anda segera mengevaluasi blog/ situs dimana iklan adsense ditayangkan, dan tentunya rajin “mengurus” situs anda agar semakin banyak pengujung yang mendarat di blog anda sehingga memungkinkan pendapatan adsense akam meningkat pula.

Apa penyebab pendapatan adsense rendah?

Untuk lebih lengkapnya, berikut point yang bisa jadi menjadi penyebab pendapatan google adsense rendah :

Jumlah pengunjung / visitor web sedikit

Trafik yang tinggi merupakan kunci sukses keberhasilan sebuah situs / blog. Baik bagi publisher adsense ataupun anda yang mengikuti program affiliasi, trafik kunjungan merupakan poin pertama yang harus anda tingkatkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Logikanya, semakin banyak pengunjung yang mendarat di halaman blog, maka akan meningkatkan kemungkinan julah pengunjung yang mengklik iklan.

Sebagai gambaran, misyalnya nilai CPC/ BPK (biaya per klik) iklan adsense anda rata-rata $0.2. Maka untuk mencapai $1, anda membutuhkan 5 klik. Jika rata-rata RKT (rasio klik tayang) anggap saja 2%, maka untuk mendapatkan 5 kali klik, dibutuhkan 250 pengunjung. Jadi dengan asumsi keadaan seperti diatas, setidaknya dibutuhkan 250 pengunjung blog untuk mendapatkan $1.

Jumlah iklan yang di klik pengunjung sedikit

Seperti pada analogi di poin sebelumnya, jelas semakin banyak jumlah iklan yang diklik maka akan semakin tinggi jumlah pendapatan adsense anda. Tentunya hal ini juga dipengaruji oleh nilai CPC (cost per click) iklan. Jika nilai CPC/ BPK iklan yang ditayangkan tinggi, tentunya dengan sedikit klik akan menghasilkan earning yang lebih tinggi. Untuk meningkatkan jumlah iklan yang di klik pengunjung, beberapa tips yang bisa anda lakukan :

Nilai BPK (Biaya per klik) iklan rendah

Biaya per klik iklan adalah nilai yang akan dibayarkan setiap kali iklan di klik. Semakin tinggi BPK iklan maka akan meningkatkan kemungkinan penghasilan yang lebih tinggi. Jika anda berniat membuat niche blog, sebaiknya pilih niche yang memiliki CPC tinggi. Anda bisa menggunakan keyword planner google adword untuk mengetahui kata kunci apa yang memiliki jumlah bayaran yang tinggi. Tapi ingat, keywoard dengan jumlah bayaran tinggi, biasanya memiliki jumlah persaingan yang cukup tinggi pula, oleh karena itu anda harus cukup serius dalam memanage niche blog anda agar tetap mendapatkan trafik yang tinggi.

Bagi blog gado-gado (tidak berfokus pada niche tertentu) semisyal blog caramita.com ini, biasanya nilai CPC iklan tidak terlalu tinggi

Nilai CTR (click-through rate)

CTR adalah rasio perbandingan antara jumlah iklan yang di-klik dengan jumlah iklan yang ditampilkan. Selengkapnya baca : Apa itu CTR / RKT pada adsense?

Pada publisher yang memiliki penghasilan tinggi sekalipun, biasanya nilai RTK tidak melebihi 3%. RKT iklan yang terlampau tinggi, atau bahkan mencapai puluhan persen, justru berbahaya bagi akun adsense, bisa jadi hal ini mengindikasikan anda melakukan kecurangan dan terancam banned

Selanjutnya silakan baca : Strategi agar pendapatan adsense cair setiap bulan

10 Comments

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
kenapa rkt adsense tinggi berbahaya, adsense semakin rendah september 2016, alasan penghasilan adsense rendah, kenapa domain mempengaruhi pendapatan google adsense, pendapatan google adsense 2016, penghasilan blogger terendah