Penelitian pengenalan tulisan aksara sunda (perbandingan)

Penelitian tentang pengenalan tulisan aksara sunda pernah dilakukan oleh beberapa peneliti, diantaranya dilakukan oleh Achmad Ridwan (2010), Mubarok (2010), Isnan  Mulia (2013) dan Dea Rokhmatun Iradewa (2014).

Achmad Ridwan (2010) melakukan penelitian dengan judul Pengenalan Tulisan Tangan Aksara Sunda Ngalagena Dengan Algoritma Fuzzy C-Means. Pada penelitiannya, Ahmad Ridwan melakukan pengenalan terhadap 27 karakter aksara sunda ngalagena (konsonan) secara online.

Mubarok (2010) melakukan penelitian dengan mengangkat judul Pengenalan Tulisan Tangan Aksara Sunda Menggunakan Kohonen Neural Network. Pada penelitian ini dilakukan pengenalan terhadap karakter aksara sunda secara online (online character recognition) dimana data tulisan karakter aksara sunda ditulisakan secara realtime oleh user dengan menggunakan mouse.

Isnan Mulia (2013) melakukan penelitian dengan judul Pengenakan Aksara Sunda Menggunakan Ekstraksi Zoning Dan Klasifikasi Support Vector Machine.  Pada penelitian ini dilakukan pengenalan aksara sunda yang ditulis dengan menggunakan komputer (Machine typing character recognition) dengan jenis font sundanese latin. 

Dea Rokhmatun Iradewa (2014) mengangkat penelitian dengan judul Pengenalan Tulisan Aksara Sunda Offline dengan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. Pada penelitian ini dilakukan pengenalan terhadap 30 jenis karakter tulisan tangan aksara sunda dengan masing-masing jenis karakter mermiliki 30 variasi berbeda.

Pada tabel dibawah dijelaskan perbandingan sample dan metode pengenalan dari penelitian tentang pengenalan aksara yang telah dilakukan

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
penelitian tentang aksara sunda, siapa yang mengadakan penelitian aksara sunda di nusantara