Penyebab Kuota Internet Android Cepat Habis

Kuota Internet Android Cepat Habis? Di era smarthphone seperti sekarang ini, akses internet menjadi hal yang wajib bagi setiap pemilik smartphone. Misyalnya anda pemilik HP android super canggih sekalipun, maka tanpa adanya akses internet smartphone android anda ibarat mati suri dan nyaris sama dengan dengan HP biasa. Maka dari itu, kita sebagai pemilik smartphone akhirnya dituntut untuk selalu memiliki kuota inernet agar bisa melakukan aktifitas online seperti menggunakan BBM, whatsapp, browsing, atau bermain game online di gadget android.

kuota data cepat habis

Beberapa provider memang menawarkan paket internet unlimited yang bisa dipakai sepuasnya. Tapi pada kenyataannya kita tetap dibatasi dengan kuota pemakaian wajar, dan jika kuota tersebut telah habis maka kecepatannya akan berkurang secara drastis. Singkatnya, paket unlimited yang telah melewati batas kuota normal, nyaris tidak ada bedanya dengan tidak memiliki pake internet.

Pernahkah anda mengalami kuota internet yang tiba-tiba habis, padahal seingat kita tidak ada aktifitas yang menguras kuota internet yang besar? Jika anda pernah mengalami hal serupa, mungkin saja beberapa hal yang disebutkan dibawah ini lah yang menjadi penyebab quota internet android anda cepat habis.

Penyebab Kuota Internet Cepet Habis di Android

Penyebab Kuota Cepat Habis 1 : Auto Update

Sebagian besar pengguna android jarang menyadari bahwa smartphone mereka melakukan auto update, dan mulai kebingungan ketika kuota internet mereka habis. Auto update merupakan salah satu fitur dimana sebuah aplikasi akan secara otomatis diperbaharui apabila terdapat update terbaru.

Pada smartphone android terdapat fitur auto update sistem operasi andaroid, dan auto update aplikasi yang terinstall. Auto update sistem bisa diatur apakah akan diaktifkan atau tidak di menu setting, sedangkan auto update aplikasi bisa di setting di pengaturan google play.

Penyebab Kuota Cepat Habis 2 : Menggunakan Navigasi GPS

Menggunakan navigasi, google map dan mengaktifkan GPS dapat menguras kuota internet secara cepat. Aplikasi pemetaan seperti google map akan mendownload peta lokasi secara realtime dan hal itu akan menguras kuota data dengan cepat

Penyebab Kuota Cepat Habis 3 : Video Call

Melakukan video call menggunakan aplikasi seperti skype, hangout, dsb tergolong aktifitas yang memakan bandwidth tinggi. Kegiatan komunikasi dua arah seperti ini membuat kita melakukan upload sekaligus download konten video, sehingga akan ada banyak kuota berkurang. Namun, jumlah paket data yang dibutuhkan memang tergantug dari aplikasi bersangkutan dan resolusi video yang digunakan.

Penyebab Kuota Cepat Habis 4 :  Video Streaming

Terkadang kita asik melakukan video streaming di youtube atau penyedia online streaming lainnya tanpa sadar kalau aktivitas tersebut menguras kuota data yang besar. Terlebih jika kita menonton dalam format HD, maka kuota internet akan cepat habis. Video format 360p durasi 3menit misyalnya menghabiskan 17MB data. Bayangkan jika streaming selama 1 jam maka data yang dibutuhkan sebesar 340MB

Penyebab Kuota Cepat Habis 5 :  Game Online

Mungkin anda tidak sadar kalau memainkan game online di hp android adalah salah satu penyebab kuota cepat habis. Beberapa game multiplayer seperti word with friend memang tidak membutuhkan banyak kuota. Tapi game online realtime seperti Modern Combat 5: Blackout berbeda membutuhkan data yang besar, sekitar 1 MB data per menit. Atau game seperti Let’s Get Rich yang menghabiskan banyak data dalam sekali update.

Penyebab Kuota Cepat Habis 6 : Streaming musik

Banyak layanan online music streaming yang menawarkan suara super jernih. Hal ini cukup memudahkan anda untuk mendengarkan berbagai lagu favorit dimanapun tanpa harus menyimpan di memory internal. Namun, aktifitas ini termasuk salah satu penyebab konsumsi data membengkak. Misyal anda mendengarkan lagu dengan bitrate 320 Kbps selama 1 jam, maka data yang ditransfer adalah sebanyak 1.152.000 Kb, yang sama 147.456 KB. Maka selama satu jam anda telah menghabiskan quota 140 MB

One Response

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
penyebab kuota cepat habis pada android, penyebab kuota cepat habis, kenapa kuota internet cepat habis di android, kenapa kuota cepat habis, kuota cepat habis di android, kenapa kuota internet 3 cepat habis, kuota cepat habis, kuota cepat habis pake android, kenapa paket data cepat habis, kenapa kuota internet cepat habis, Kenapa paket internet cepat habis, penyebab kuota android cepat habis, penyebab paket data cepat habis, kenapa paketan internet cepat habis, kenapa kuota 3 cepat habis