Review Jurnal 2 : Optical Character Recognition Menggunakan Algoritma Tempalte Matching Correlation

oleh :
1. Suryo Hartono
2. Aris Sugiharto
3. Sukmawati Nur Endah

Penelitian ini mengambil tema OCR (Optical Character Recognition). Artinya, data yang digunakan dalam proses pengenalan merupakan karakter (tulisan) yang kemudian diakuisisi oleh alat optik menjadi file digital berbentuk gambar. Data yang dijadikan template maupun data uji merupakan text huruf cetak komputer (machine printed text), dengan jenis huruf arial, times new roman, comic news, couria, dan courier. Inti dari penelitian ini adalah bagaimana mengubah sebuah test yang terdapat dalam file gambar menjadi file *.txt. Proses pembuatan aplikasi dilakukan dengan menggunakan software Matlab 7.2 dengan berbasis GUI.

Untuk proses pengenalan karakter digunakan metode  Tempalte Matching Correlation, yaitu dengan mencocokan tiap tiap bagian dari data uji dengan data template. Data uji akan dibandingkan dengan template yang tersimpan dalam data base,  hasil dengan tingkat kemiripan paling tinggi dengan template tertentu akan dianggap sebagai bagian dari kelas template tersebut.

Klasifikasi dengan Tempalte Matching Correlation memiliki kelebihan salah satunya mudah untuk dituangkan dalam bentuk bahasa pemrograman (diimplementasikan), namun di sisi lain, untuk dapat menghasilkan hasil yang optimal dibutuhkan data yang banyak untuk dijadikan template awal. Hasil rata-rata pengenalan sebesar 90.90%

Leave a Reply

Sumber Pencarian :