Review Jurnal 7: Off-Line Arabic Handwriting Character Recognition Using Word Segmentation

Off-Line Arabic Handwriting Character  Recognition Using Word Segmentation

Manal A. Abdullah, Lulwah M. Al-Harigy, and Hanadi H. Al-Fraidi
Department of Computer Scienc
Faculty of Computing and Information Technology FCIT
King Abdulaziz University – Jeddah

Pada jurnal ini dibahas hasil penelitian tentang pengenalan tulisan tangan huruf arab atau kita mengenalnya sebagai huruf hijaiyah. Pengenalan huruf arab memiliki tantangan dan kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tulisan aksara latin. karakter aksara arab memiliki cara penulisan yang berbeda ketika ditulis berdiri sendiri, ditulis diawal kata, ditengah kata dan diakhir kata. Selain itu juga terdapat beberapa karakter yang memiliki kesamaan bentuk seperti  ح , خ , ج atau juga  ب ,  ت  ,  ث dan beberapa karakter lainnya.

Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Word Extraction  

Merupakan tahapan mengambil karakter tulisan dari sebuah file gambar dengan membuang background

2. Preprocessing

Gambar akan diubah kedalam format grayscale, kemudian dilakukan proses cropping

3. Segmentation

Sebuah kata yang diekstrak dari gambar akan dibagi kedalam sejumlah segmen denganukuran lebar tertentu, yang tergantung kepada ukuran dari lebar kata tersebut.  Pertama-tama masing masing segmen akan ditentukan dengan ukuran 35px, tiap segmen akan akan dicocokan dengan template yang sudah tesimpan dalam database. Ketika karakter pada segmen tersebut tidak dikenali maka ukuran segmen akan diperbarui dan diperlebar dengan faktor skala tententu dan proses pencocokan diulangi kembali.

Kesimpulan

Dengan menggunakan ukuran segmen tetap sebesar 35px, hanyak dikenal 25% karakter dengan tingkat kesalahan yang sangat tinggi. Namun dengan menggunakan ukuran segmen dinamis dengan faktor skala 1.6 dari lebar kata, didapatkan hasil 81% karakter yang mampu dikenali.

Cara segmentasi dengan menerapkan faktor skala bisa memperbaiki dan meningkatkan tingkat keberhasilan pengenalan karakter, namun dibutuhkan perhitungan yang tepat untuk menentukan faktor skala yang tepat dan optimal. Terlebih apabila posisi karakter pada sebuah kata tidak seimbang dan jarak antar karakter memiliki perbedaan cukup signifikan tentu akan mempengaruhi hasil dari pengenalan.

Pengenalan dengan template maching mudah untuk diterapkan dan tidak membutuhkan algoritma yang rumit, namun di sisi lain dibutuhkan jumlah data template yang banyak dan bervariasi agar mampu menghasilkan nilai akurasi yang tinggi.

JOURNAL OF COMPUTING, VOLUME 4, ISSUE 3, MARCH 2012, ISSN 2151-9617

https://sites.google.com/site/journalofcomputing

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
jurnal aksara arab