Sejarah Perbankan di Indonesia

Sejarah perbankan Dunia mulai di kenal sejak zaman Babylonia, kemudian terus berkembang hingga zaman Yunani Kuno dan Romawi. Kemudian kegiatan perbankan terus berkembang hingga ke daratan Eropa, hingga akhirnya berkembang sampai ke Asia Barat yang dibawa oleh para pedagang Eropa, dan terus berkembang hingga kegiatan perbankan ini menyebar ke seluruh dunia, terutama daerah jajahan Eropa.

Pada mulanya kegiatan perbankan dimulai dari jasa penukaran uang, sehingga dalam sejarah perbankan arti bank di kenal sebagai meja tempat menukarkan uang, dimana kegiatan penukaran uang tersebut sekarang dikenal dengan pedangang valuta asing (money changer).

Dalam perkembangan selanjutnya kegiatan perbankan berkembang lagi menjadi tempat penitipan uang, yang kini di kenal dengan kegiatan simpanan (tabungan). Kegiatan perbankan bertambah lagi sebagai tempat peminjaman uang. Kegiatan perbankan terus berkembang seiring dengan perkembangan masyarakat, dimana bank tidak lagi sekedar sebagai tempat menukar uang atau tempat menyimpan dan meminjam uang. Hingga akhirnya keberadaan bank sangat mempengaruhi perkembangan ekonomi masyarakat, hingga tingkat negara, dan bahkan sampai tingkat internasional.

Sejarah perbankan di Indonesia dan awal mula adanya bank di Indonesia dimulai dengan masuknya penjajah belanda dan didirikannya kongsi dagang Belanda, yaitu VOC yang berkuasa di Nusantara. Bank-bank yang pernah ada pada waktu ini antara lain:

  1. De Javasche NV
  2. De Post Paar Bank
  3. De Algemevolks Crediet Bank
  4. NederlandHandles Maatscappij (NHM)
  5. Nationale Handle Bank
  6. De Escompto Bank NV

Sedangkan bank-bank yang didirikan dan dimiliki warga pribumi. Cina, Jepang, dan Eropa lainnya diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bank Nasional Indonesia
  2. bank Abuan Saudagar
  3. NV Bank Boemi
  4. The Charteredbank of India
  5. The Yokohama Species Bank
  6. The Matsui Bank
  7. The Bank of China

Pada masa sekarang banyak sekali badan-badan swasta yang mendirikan lembaga keuangan seperti bank, mereka melihat keuntungan yang cukup besar dari pendirian lembaga keuangan tersebut. Namun tidak sedikit juga lembaga keuangan yang mengalami kegagalan itu disebabkan oleh tidak siapnya lembaga keungan tersebut akan benturan dari luar yang berpengaruh akan jalannya lembaga keuangan tewrsebut.

Seperti lembaga keuangan yang berbentuk bank yaitu bank Century, ini salah satu contoh kasus yang dialami Bank dari sekian banyak kasus bank

 

Author :

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
sejarah perbankan, sejarah perbankan di indonesia, nama android n, sejarah bank di indonesia, sejarah perbankan indonesia, sejarah bank, sejarah berdirinya BANK, sejarah perkembangan bank di Indonesia, ceritakan secara singkat sejarah perbankan di indonesia, sejarah perbankan di indonesia secara singkat, sejarah perbankkan, sejarah terjadinya bank, sejarah perkembangan perbankan di indonesia, sejarah berdirinya bank di indonesia, sejarah perbankan diindonesia