Tips Memilih Webhosting Untuk Blog / Website Anda

Webhosting yang baik adalah fondasi awal penentu keberhasilan blog atau website Anda. Bagaimana tidak, kualitas sebuah webhosting akan menentukan kecepatan akses blog yang anda hosting, dan kecepatan loading situs akan berpengaruh terhadap SEO Friendly, dan User Friendly situs anda.

Untuk itu sangat penting untuk memilih webshoting yang baik dan berkualitas. Berikut beberapa tips memilih webhosting yang untuk blog/ website yang didasarkan pada kriteria yang harus dimiliki sebuah webhosting yang baik untuk anda pilih.

web-hosting-terbaik

Harga Murah dan Terjangkau

Faktor harga menjadi salah satu acuan yang banyak dipertimbangkan apakah seseorang memilih webhosting tersebut atau tidak. Tentu, anda harus memperhatikan harga yang ditawarkan penyedia hosting dan menyesuaikannya dengan budget Anda.

Tapi jangan mudah tergiur dengan harga murah, perhatikan juga kualitasnya. Jangan terbuai dengan harga dan promo yang ditawarkan jasa penyedia hosting. Bisa jadi harga murah diiringi dengan layanan yang buruk dan beberapa fitur yang dipangkas. Pastikan anda meneliti fitur yang disediakan dan spesifikasi hosting dengan sedetail detailnya

After Sales Service dan CS Responsive

Customer support atau customer service sebuah webhosting juga perlu menjadi hal yang diperhatikan. Seringkali kita membutuhkan bantuan dari CS ketika kita sudah berlangganan hosting. Terkadang ada masalah yang terjadi pada hosting kita, seperti ada serangan, server down atau mungkin hal lain seperti konfirmasi pembayaran atau bahkan hal lain seputar hosting yang ingin anda tanyakan ke CS.

Untuk itulah untuk mengantisipasi masalah ini, pastiakan Anda memilih penyedia hosting yang memiliki layanan customer support yang ramah, baik, responsive dan bisa bisa diandalkan. Jika perlu pilihlah penyedia web hosting yang menyediakan layanan 24 jam/7 hari dukungan telepon , support ticket, email dan chat online. Sehingga jika dikemudian hari terdapat masalah dengan hosting, anda bisa langsung menghubungi dan meminta bantuan CS.

Kecepatan

Kecepatan adalah hal yang sangat penting yang berkaitan dengan waktu yang diperlukan untuk memuat halaman website. Menurut “How Loading Time Affects Your Bottom Line” yang diterbitkan oleh perusahaan riset terkemuka, sebanyak 47% dari konsumen mengharapkan untuk memuat halaman hanya dalam hitungan detik. 40% dari mereka meninggalkan situs yang telalu lama untuk dimuat.

Kapasitas Penyimpanan

Terkadang ada penyedia webhosting yang menawarkan harga sangat murah, namun ternyata storage yang disediakan sangat minim juga. Ketika anda memilih layanan web hosting pastikan anda memperhatikan berapa kapasitas penyimpanan data yang disebiakan dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bandwidth yang Disediakan

Bandwidh adalah jumlah data yang dapat diupload dan didownload diwebsite kita. Bisa juga diartikan sebagai jumlah trafik data atau data transfer yang terjadi disebuah web/blog. Apabila kita telah telah melampai kapasitas maksimum Bandwidh yang diperbolehkan, maka situs atau blog tidak akan bisa diakses.

Untuk itu penting kiranya pemperhatikan berapa bandwitdh yang disediakan atau diijinkan. Biasanya, pada sebuah shared-hosting bandwidth per-bulannya akan dibatasi dengan sejumlah tertentu. Namun ada juga penyedia webhosting yang menyediakan bandwidth unlimited

Lokasi Web Server

Umumnya beberapa perusahaan penyedia hosting di indonesia menawarkan 3 pilihan lokasi server mereka yaitu Indonesia, Singapura, dan Amerika. Lokasi webserver berkaitan dengan target pengunjung situs anda nantinya. Jika misyalnya Anda membuat blog dengan targer pengunjung berasal dari Indonesia maka sebaiknya pilih lokasi webserver Indonesia. Sebailiknya jika anda membuat blog bule dengan terget pengunjung dari luar negeri lebih baik memilih web hoting dengan lokasi server US misyalnya

Layanan web hosting yang disediakan

Layanan hosting berhubungan dengan support apa saja yang didapat jika kita mengambil paket hosting. Misal panel administrasi (seperti cpanel, spanel, dll), addon Domain, sub-domain, layanan basis data yang disediakan, fasilitas backup, versi PHP, dsb

Nah, setelah melihat beberapa kriteria diatas, saatnya anda memilih webhosting mana yang akan akan anda gunakan untuk meng-online-kan situs anda. Anda bisa membandingkan beberapa penyedia layanan hosting terlebih dahulu dan memilih mana yang paling cocok dan terbaik menurut Anda.

Untuk lokasi web server Indonesia, niagahoster bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat, silahkan baca : Rekomendasi Webhosting Indonesia Harga Murah Akses Cepat

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
kriteri yang hatus dimiliki penyedia hosting, cara melihat kriteria web hosting bagus, hosting terbaik untuk blog bule