Tips menentukan nama domain yang benar untuk blog

Ketika membuat sebuah blog baru, tentunya yang pertama kali dilakukan adalah menentukan nama domain apa yang akan digunakan sebagai domain blog kita. Domain selain sebagai alamat URL blog, juga berfungsi sebagai brand dan identitas blog kita.

Dari sisi SEO, nama domain merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi ranking halaman blog di mesin pencari (SERP = Search engine result page). Untuk itu sangat penting untuk memiliki nama domain yang benar dan tepat untuk digunakan sebagai domain blog baru.

Baca : Tips Memilih Domain Untuk Bisnis Online

Perlu Anda Ingat :

  1. Nama domain penting untuk branding dan pencitraan blog
  2. Nama domain merupakan salah satu SEO faktor yang berpengaruh terhadap rangking search engine

Nama Domain sama dengan nama blog

Yang pertama, nama domain harus sama atau nyambung dengan nama blog anda. Nama domain dan juga nama blog anda ibarat sebuah brand. Menggunakan nama anda pribadi atau nama bisnis anda bisa jadi pilihan yang tepat. Tapi ingat jangan sekali-kali menggunakan brand orang lain sebagai nama domain.

Gunakan nama domain yang mengandung keyword

Menyisipkan exact keyword yang akan  dibidik dalam nama domain sangat disarankan terutama bagi niche blog (blog yang membahas topic spesifik). Keyword on domain nama, merupakan salah satu teknik optimasi SEO level domain.

 

Hindari penggunaan nama yang aneh

Sebaiknya jangan menggunakan nama yang aneh-aneh atau bentuk penulisan yang tidak wajar pada nama domain. Pilih nama yang mudah dilafalkan, mudah ditulis dan mudah diingat. Hindari nama menggunakan nama ‘alay’

Pilih nama domain yang tidak terlalu panjang

Jangan menggunakan nama domain yang terlalu panjang karena akan susah untuk diingat. Cukup satu atau dua kata saja.

Hindari penggunaan tanda penghubung

Penggunaan tanda hubung seperti strip (-) tidak disarankan dalam nama domain. Hal ini juga tidak baik dari sisi SEO

 

Sudah dapat nama domain yang diinginkan untuk blog anda? Selanjutnya beli domain di penyedia hosting dan domain terpercaya

 

Kesimpulan :

  • Dalam menentukan nama domain yang akan digunakan sebagai domain blog, tentukan terlebih dahulu nama blog anda dan konsep blog anda akan seperti apa sehingga nantinya ada kesesuaian antara nama domain, nama blog dan isi blog anda.
  • Nama domain blog anda harus mudah diingat oleh pengunjung dan juga harus mudah dilafalkan dan ditulis sehingga mengurangi kemungkinan salah penulisan

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
penggunaan nama salah satu domain