Tokobagus berubah menjadi OLX.co.id

Tepat hari ini 20 Mei 2014, TokoBagus memperkenalkan pergantian nama menjadi OLX.co.id. Terhitung sejak pagi tadi, jika anda mengakses situs jual beli terbesar di Indonesia, tokobagus.com maka anda secara otomatis akan di-redirect ke halaman olx.co.id. Pengelola Tokobagus telah mengumumkan secara resmi bahwa nama dan alamat situs tokobagus berganti nama jadi OLX mulai Selasa (20/5/2014). Dalam sebuah pernyataan resmi, OLX menerangkan bahwa perubahan ini hanya terjadi pada nama dan URL baru dan semua aktifitas jual-beli dan pemasangan iklan tetap bisa dilakukan seperti biasa. Begitu juga dengan user dan iklan yang sudah tayang di tokobagus tetap akan muncul, dan user tokobagus pun bisa login seperti biasa. Bahkan domain OLX.co.id jika lihat,  menggunakan NS (name server) tokobagus.com, jadi semua data masih belum dipindahkan masih tetap di lokasi server semula tanpa ada migrasi server.

TokoBagus berubah menjadi OLX.co.id

Perubahan ini hanya nama yaitu Tokobagus.com menjadi OLX, termasuk logo dan URL baru. Sementara semua aspek lainnya, yang sudah dirasakan manfaatnya oleh jutaan masyarakat Indonesia saat ini akan tetap sama dan tidak berubah. Misi perusahaan akan terus berlanjut yang digambarkan dalam tagline-nya, yaitu “cara tepat, jual cepat”.

Menurut pihak tokobagus, perubahan nama Tokobagus menjadi OLX ini merupakan upaya untuk memperkuat usaha mereka dalam membantu masyarakat Indonesia dalam menyediakan media untuk menjual barang bekas dengan cepat, mudah dan gratis. “Sudah ratusan ribu orang yang menjual barang bekas dan mendapatkan uang tambahan di platform kami saat ini, dan kami ingin melanjutkan usaha tersebut agar dirasakan oleh lebih banyak masyarakat Indonesia”

Managing Director OLX.co.id, Michal Klar mengatakan, perubahan nama menjadi OLX setelah sukses dengan Tokobagus.com merupakan langkah besar yang menunjukkan betapa besar keinginan membantu masyarakat Indonesia untuk bisa menjual barang bekas secara mudah.
Chief Operating Officer tokobagus, Alif Priyono seperti dilansir dari techinasi mengatakan,  “Kami telah menjadi situs penjualan online terbesar di Indonesia, kini berubah menjadi OLX.co.id dan bergabung dengan merek global yang akan membantu kita untuk memimpin kami lebih jauh karena kami menyediakan cara tercepat dan termudah bagi pengguna untuk menjual dan berbelanja produk bekas dengan kualitas terbaik. OLX, yang bermakna pertukaran online, meluncurkan video untuk mengedukasi pengguna tentang perubahan merek ini. Kunjungan ke Tokobagus.com akan dialihkan secara otomatis ke OLX.co.id.”

Apa itu OLX

OLX merupakan singkatan dari OnLine eXchange. Grup OLX saat ini sudah hadir di 106 negara. Situs-situs e-commerce dan Classified sudah tersedia dalam lebih dari 40 bahasa. Grup OLX didirikan pada tahun 2006 oleh Fabrice Grinda dan Alec Oxenford. Semenjak dirikan pertama kali, perusahaan ini bermarkas di Buenos Aires, Argentina. Namun setelah melakukan ekspansi, OLX memindahkan pusat operasinya di New York, AS. Tahun 2010, Naspers masuk sebagai investor strategis di OLX, dikabarkan melalui investasi sebesar $20 sampai $40 juta. Naspers adalah grup media besar yang bermarkas di Afrika Selatan. Ekspansinya ke Indonesia dilakukan pada tahun 2010 saat berinvestasi di Tokobagus. Sebelum dimerger dengan TokoBagus, OLX Indonesia sebelum sudah ada, sama seperti tokobagus, olx.co.id (sebelum menjadi tokobagus) merupakan situs jual beli gratis. Namun memang, untuk di Indonesia sendiri kepopuleran OLX kalah telah oleh tokobagus.

Pendapat Saya Tentang Perubahan Tokobagus

Seperti sudah dijelaskan diatas, OLX  adalah sebuah merek e-commerce global yang dimiliki oleh Naspers. Perusahaan itu telah berinvestasi di Tokobagus pada tahun 2010 lalu. Perubahan nama dari tokobagus dan sekaligus merger menjadi olx.co.id tentunya diharapkan akan meningkatkan popularitas dan kinerja Tokobagus sendiri dengan memakai merk global. Dan tentu sebagai sebuah bisnis, tujuan akhirnya agar mereka mendapat keuntungan yang lebih besar.

Perubahan nama tokobagus menjadi olx.co.id memang cukup mengejutkan, mengingat popularitas tokobagus yang jauh lebih populer dibanding OLX. Terlebih nama tokobagus jauh lebih Indonesia dan lebih mudah diingat dan dilafalkan. Sekarang ini siapa yang tak tau tokobagus, dari anak kecil sampai orang tua, desa sampai kota pasti setidakknya pernah mendengar nama tokobagus.

Tapi jika mengingat kejadian sebulan kebelakang ketika tokobagus saat itu menghilangkan fitur verified member yang menurut saya menjadi salah satu keunggulan tokobagus, tentunya 2 kejadian ini (perubahan brand dan penghapusan verified member) bisa ditarik benang merahnya. Asumsi saya, verified member dihapuskan, kemudian sekarang terjadi perubahan brand, dan beberapa saat lagi, akan ada fitur baru semacang gold merchan milik tokopedia, atau iklan berbayar  atau premium ads milik OLX.

Tapi terlepas dari perubahan nama atau fitur verified member yang dihapuskan, saya berharap pengelola tokobagus dapat meningkatkan layanannya. Saya pribadi kadang mengalami beberapa kali iklan ditolak padahal sudah mengikuti aturan dan ketentuan, namun di sisi lain ada iklan gak jelas berkeliaran yang lolos dari pantauan moderator.

Penutup tulisan ini, “good luck olx indonesia”

One Response

  1. PEMBENCI

Leave a Reply

Sumber Pencarian :
olx toko bagus, toko bagus com, tokobagus, olx co id, tokobagus com, TOKO BAGUS, olx tokobagus, apa ke untukan mereka membuat toko bagus di olx, olx go id, migrasi tokobagus ke olx, logo terbaru toko bagus com, kepopuleran OLX, tokobagus olx