Blogging

Jumlah iklan adsense yang diperbolehkan dalam satu halaman blog

By  | 

Google adsense memiliki aturan yang cukup ketat termasuk tentang kebijakan jumlah maksimum unit iklan adsense yang diperbolehkan dipasang pada satu halaman web atau blog. Dalam beberapa forum diskusi ataupun grup diskusi publisher adsesnse, saya masih banyak menemukan pertanyaan dari para publisher baru tentang berapa jumlah maksimum unit iklan adsense yang diperbolehkan dalam satu halaman blog. Untuk itu, tulisan singkat ini saya persembahkan bagi publisher adsense yang memiliki pertanyaan serupa agar tidak melanggar kebijakan google adsense.

Jumlah maksimal unit iklan adsense yang diperbolehkan dipasang dalam satu halaman situs

Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa adsense memiliki 3 jenis unit iklan yang bisa dipasang dalam web atau blog anda, yaitu : adsense content unit, adsense link unit, dan adsense for search.

Jumlah total unit iklan adsense yang boleh dipasang pada satu halaman blog atau halaman situs berjumlah 8 unit. yang terdiri dari :

adsense content unit

anda diperbolehkan memasang hingga 3 iklan iklan adsense content unit. Namun dari total 3 unit iklan adsense content unit tersebut, anda hanya diperbolehkan memasang satu  unit iklan berukuran besar (banner) semisyal unit iklan berukuran 300×600, 300×1050, 970×250, dan ukuran banner lainnya

adsense link unit

Link unit menampilkan list topik yang relevan dengan konten halaman situs dimana link unit adsense tersebut dipasang.  Jumlah iklan adsense link unit yang diperbolehkan maksimal 3 buah. Contoh ukuran adsense link unit bisa anda lihat di sini

adsense for search / kotak telusur

Jumlah maksimum kotak penelusuran adsense for search yang boleh dipasang pada satu halaman maksimum 2 buah. Adsense for search (AFS) merupakan bagian dari Google Custom Search Engine (CSE) yang dapat anda pasang pada halaman blog atau situs anda. Ketika pengunjung menggunakan fasilitas search, iklan yang relevan dengan kata kunci pencarian akan ditampilkan pada halaman hasil penelusuran.

Untuk memasang Google adsense for Search atau Google CSE, silahkan baca cara memasang adsense for search pada blog

Jumlah maksimum iklan adsense pada satu halaman

Jadi, total iklan adsense yang boleh dipasang pada satu halaman berjumlah 8 buah, yang masing-masing terdiri dari maksimal 3 adsense content unit, 3 adsense link unit dan 2 adsense for search.

Jika anda mengikuti program affiliasi marketing, anda bisa memasang link affiliasi dan iklan adsense dalam halaman yang sama, selama tidak melanggar kebijakan google adsense. Sebaiknya baca : bolehkan memasang iklan adsense dan affiliasi dalam halaman yang sama?

Terima kasih telah berkunjung, jika ada pertanyaan atau tambahan mari diskusikan bersama 🙂

jumlah iklan adsen dalam halaman, jumlah iklan adsense dalam satu halaman, jumlah iklan adsense yang di perbolehkan dalam satu halaman, jumlah iklan di blog, maksimal iklan google adsense

24 Comments

  1. alat tulis murah

    22 Februari 2015 at 02:58

    jadi cuma boleh 3 jenis ya…. hemmm ok gan makasih infonya

  2. roni witarto

    14 Maret 2015 at 12:26

    sekarang untuk adsense link unit udah gak ada ya mbak? koq saya gak nemu2..

  3. Novian Hanu

    2 April 2015 at 21:18

    informasinya sangat bermanfaat mas. jadi maksimal yang dapat kita pasang 8 buah ya.

  4. Husein

    26 Mei 2015 at 06:35

    Ada tips lain mungkin ini lebih mudah, coba gunakan kode asinkron. Cukup 1 kode tersebut bisa dipasang diberbagai sudut webpage. Kalau dipasag di sidebar dia akan menyesuaiaknan lebarnya, demikian juga kalau pasang di tengah. Jadi lebih simple dan loading time juga lebih cepat. Apalagi blog atau situs kita sdh mobile friendly. Pas banget. Ana sendiri lebih senang pakai kode ini.

  5. mhmn

    30 Mei 2015 at 13:34

    Wah, gw belum tau banyak tentang adsense. Mungkin bisa sering mampir kesini nih. Makasih banyak om…

  6. lalu

    20 Juni 2015 at 08:23

    wah akhirnya jadi tahu ne
    mks Agan infonya sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya

  7. udien

    6 Oktober 2015 at 03:18

    Gan, mau nanya, maaf saya pemula banget.

    Yang di maksud satu halaman itu bagaimana ya gan? Apakah satu halaman itu terdiri dari header, Sidebar, dan COntent? atau atau cuma content saja,

    Terima kasih gan atas penjelasanya,

    • iradewa

      6 Oktober 2015 at 22:28

      maksudnya satu halaman webpage, sudah termasuk sidebar, header, footer, dsb. Pokonya semua yang tampil di page. Seperti halaman https://caramita.com/jumlah-iklan-adsense-yang-diperbolehkan-dalam-satu-halaman-blog.htm itu satu page (halaman).

      • udien

        7 Oktober 2015 at 13:20

        Terima kasih gan atas penjelasannya, kini saya lebih tahu, tapi mau tanya lagi gan, maklum saya ini selain pemula banget saya ini bego.

        Di atas temukan tulisan:

        adsense content unit,

        adsense link unit.

        adsense for search

        Ke gita adsense unit itu maksudnya apa gan, kalau yang ada di panel andsense setiap iklan yang bisa saya pasang cuma ada dua pilihan yaitu iklan gambar atau teks menurut yang di rekomendasikan sih gambar dan teks gan, tidak ada content unit link unit apalagi yang unutk mesin pencari, mohon petunjuknya gan, terima kasih banyak gan

  8. Yuni Nurita

    7 Oktober 2015 at 20:05

    tapi kok situs2 besar ada yg lebih dri 3 loh pasang ads adsense bahkan sampe 5 buah, itu kok bisa yah, apa karna situs besar?

    • iradewa

      8 Oktober 2015 at 21:14

      kebijakan dari google adsense maksimum 3 ads unit + 3 link unit + 2 search. Lebih dari itu bisa dianggap melanggar kebijakan.
      Situs situs besar biasanya menggunakan ads exchange bukan adsense

  9. Deny Setyoaji

    17 Oktober 2015 at 02:00

    mmm…3 cukup lah di 1 halaman

  10. Kang yono

    30 November 2015 at 12:24

    Maaf mas, saya pasang iklan di header kuran 468×60, di sidebar 330×300 kemudian di dalam artikel iklan ukuran 300×200 itu menyalahi aturan Google gak mas?

    • iradewa

      30 November 2015 at 18:57

      boleh gan. tidak menyalahi, sesuai dengan kebijakan google maksimal 3.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *