Google Adsense

Kapan Pembayaran Google Adsense Dilakukan?

By  | 

Google adsense menjadi pilihan banyak blogger untuk mendapatkan rupiah dari iklan yang ditampilkan di blognya. Google adsense memberikan bayaran yang cukup tinggi untuk setiap klik iklan maupun impression iklan sehingga menjadi primadona bagi para blogger dan publisher. Namun memang adsense sangat selektip dalam menerima pendaftaran publisher, tidak sedikit blogger yang ditolak oleh google adsense karena tidak memenuhi kriteria. Jika anda berminat mendaftar google adsense dan mendapatkan tambahan rupiah dari blog anda, silahkan baca tulisan sebelumnya tentang  cara mendaftar google adsense agar cepat diappove, mungkin bisa sedikit membantu.

Ketika pertama kali bergabung dengan program Google Adsense, hampir setiap hari saya membuka akun adsense untuk melihat jumlah pendapatan yang sudah saya peroleh. Saya pun masih bingung kapan dan bagaimana nantinya mencairkan pendapatan dari google adsense tersebut. Mungkin hal serupa juga terjadi pada beberapa dari anda yang baru pertama kali menggunakan google adsense. Jika ” ya”, semoga tulisan ini akan sedikit membantu dan membuat hati anda tentram 🙂

Kapan Pembayaran Google Adsense Dilakukan?

Sisklus Google Adsense merupakan siklus bulanan dimana final report dan pembayaran akan dilakukan setiap bilan. Google akan melaporkan taksiran penghasilan yang anda peroleh sepanjang bulan dan akan dikalkulasi pada awal bulan berikutnya. Pada setiap awal bulan, jumlah penghasilan yang Anda dapatkan sepanjang bulan sebelumnya akan proses dan dimasukan ke saldo Anda. Anda bisa melihat report penghasilan di Riwayat pembayaran pada akun adsense.

Jika saldo Anda melebihi ambang pembayaran (payment threshold) yang anda tentukan (minimal $100), pembayaran akan diproses setiap tanggal 21 setiap bulannya dan dicairkan pada tanggal 23 setiap bulannya.

Misyalnya, sepanjang bulan Juli anda mendapatkan penghasilan $120, maka pada bulan Agustus Anda akan melihat total penghasilan akhir dari tanggal 1 sampai 30 Juli dikreditkan ke Riwayat pembayaran Anda. Pada tanggal 21 Agustus total penghasilan akhir tersebut akan diproses untuk dicairkan, jika melebihi ambang pembayaran yang anda tentukan (misyal ambang pembayaran anda $100), maka pada tanggal 23 Agustus penghasilan Anda akan dicairkan oleh Google Adsense dan Anda bisa mencairkan uang anda sesuai dengan metode pembayaran yang anda pilih. Saya merekomdasikan untuk memilih pencairan dengan Western Union. 

Bagaimana Jika Saldo Kurang dari Ambang Pembayaran?

Jika penghasilan bulanan Anda tidak mencapai ambang pembayaran, maka saldo penghasilan akan dialihkan dan digabungkan dengan penghasilan bulan berikutnya, begitu seterusnya hingga saldo anda mencapai Ambang pembayaran. Misyalnya Ambang pembayaran $100 dan pendapatan anda sepanjang bulan Juli adalah $50, maka pada bulan Agustus anda belum akan menerima pembayaran, dan saldo $50 tersebut akan dialihkan sebagai starting balance bulan Agustus dan dikalulasi dengan penghasilan bulan Agustus

Bagaimana Mencairkan Uang dari Google Adsense?

Untuk melakukan proses pencairan uang sangat mudah, anda bisa mencairkan pendapatan yang anda peroleh melalui Western Union (recomended). Saya pribadi selalu mencairkan di western union. Untuk mengetahui bagaimana cara mencairkan pendapatan google adsense via western union, silahkan baca tulisan : Cara Mencairkan Google Adsense melalui Western Union
jadwal pembayaran adsense, tanggal pembayaran google adsense, Minimal pembayaran google adsense, tanggal payout google adsense, bln ini mencapai ambang pembayaran lalu kpn po adsense, adsense loc:ID, cara mencapai ambang pembayaran google adsense, google adsense bayaran tanggal berapa, pembayaran adsense setiap tanggal, Pembayaran adsense nyampe tanggal, kapan pembayaran adsense, kapan adse, jumlah saldo minimal bulanan adsense, cara mengetahui google edsense cair, tanggal siklus pembayaran google adsense

32 Comments

  1. chan

    28 Agustus 2016 at 00:55

    tanya dong..
    misalkan pada bulan juli penghasilan adsense sudah mencapai $100 lebih dan sudah bisa dicairkan ke WU, namun saya tidak ingin mencairkan dulu, apakah penghasilan di bulan juli tadi akan di akumulasikan dengan penghasilan bulan berikutnya (agustus) dan apakah bisa dicairkan pada bulan berikutnya jumlah akumulasi tadi????

    • Video Bali

      21 Oktober 2016 at 13:49

      ya tentu akan diakumulasi dan dibayarkan pada bulan agustus mas, yang penting di akun adsense mas, penangguhan pembayarannya di bulan agustus sebelum tgl 20 sudah dibuka lagi.

  2. pipit pitria

    26 Oktober 2016 at 20:06

    saya juga mau nanya mas, saya kan kemarin tepatnya tanggal 5 sptember 2016 sekarang tgl 26 oktober 2016 tapi ambang pembayaran saya udah lebih dari 100$, di analytic yt juga udah ada 200$ di penghasilan tertaksir saya kok 0? trus kapan kira kira pin dari adense saya di kirim oleh gogle?

  3. atri yuanda

    2 November 2016 at 18:13

    klu pemberitahuannya tgl 1 itu gimana gan, namun blum bisa di po, jadi berapa hari lagi nunggunya tuh ?

    • iradewa

      3 November 2016 at 02:22

      seperti sudah dijelaskan di tulisan di atas, tangal 23 dicairkannya

  4. Novian Pradana

    3 November 2016 at 18:29

    makasih gan infonya. adsense sy masih seumur jagung hehe

  5. Pusatchanger

    16 November 2016 at 11:11

    Belum pernah pasang adsense nih gan hehe

  6. Ayo Mapan

    19 November 2016 at 16:59

    Kalau saya terima pembayaran dari Adsense pilih yg via transfer bank.. Simple, aman, dan gak repot.. Hehe.. Tapi setiap publisher pasti punya metode favorit masing2.. Maju terus publisher Google Adsense Indonesia!

    • iradewa

      10 Desember 2016 at 01:43

      semoga rate adsense blog indo tambah tinggi 🙂

  7. apes

    21 Desember 2016 at 11:40

    bagaimana jiga adsen dikaitkan dengan youtube… setelah terkumpul uang melebihi ambang bayar..lalu sebelum tanggal 21 youtube saya suspen apakah adsense akan cair ??

    • iradewa

      22 Desember 2016 at 19:45

      jika pendapatan youtube sudah melampaui ambang maka akan digabung dengan adsense, namun jika belum maka tidak akan bisa dicairkan yg pendapatan youtube nya. Untuk akun adsense content sendiri tidak akan terpengaruh dan tetap bisa cair dan iklan berjalan seperti biasa. Namun iklan di youtube akan dihentikan dan tidak bisa lagi melakukan motitisasi terhadap video youtube

  8. teguh

    21 Februari 2017 at 11:56

    kalau 140$ akan dibayarkan sekaligus 140$ atau 100$ dan 40$nya menunggu pendapatan berikutnya?

  9. Andre

    27 Februari 2017 at 07:26

    Mas saya mau tanya.
    Kalau misalnya saldo adsense saya baru ambang batas pertama kalinya (100%+) tanggal 12-15Feb, kira-kira saya bisa gajian dari adsense bulan berapa ya. Namun sebelumnya PIN adsense saya juga belum ada mas.
    Terimakasih

    • iradewa

      8 Maret 2017 at 23:40

      kalo $100 tanggal 15 feb maka gajian 23 maret gan. Tapi kalau pin belum ada, harus nunggu pin sampe dulu

  10. ifoel

    8 Juni 2017 at 01:43

    siplah infonya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *