Bolehkah Memasang Adsense dan Affiliate Ads dalam Halaman Sama?

Pertanyaan yang sering diajukan oleh banyak blogger dan publisher google adsense. “Bolehkah memasang adsense dan program affiliate dalam halaman yang sama?” Apakah menggabungkan iklan google adsense dan iklan dari program afiliasi lain melanggar kebijakan google adsense? Mari kita bahas bersama!

AdSense merupakan jaringan iklan kontekstual (contextual ad network) dan adsense tidak memperbolehkan untuk memasang jaringan iklan lain yang serupa dengan adsense. Namun berberda halnya dengan program afiliasi (Affilete program), adsense memperbolehkan untuk memasang iklan affilite bersamaan dengan iklan google adsense secara bersamaan dalam satu halaman web.

Memasang iklan google adsense secara bersamaan dengan iklan program afiliasi semisal amazon, ebay, atau program afiliasi lainnya diperbolehkan oleh google, dan tidak melanggar kebijakan adsense. Jadi jawabannya,  “YA, Anda bisa memasang adsense dan affiliate bersamaan”

Berikut screnshoot dari official adsense help page yang menyatakan “We do allow affiliate or limited-text links”

Namun perlu diingat, dalam memasang banner ataupun link afiliasi bersamaan dengan iklan adsense, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan :

  • Jangan memasang banner/ link affiliasi terlalu banyak. Ingat, yang terpenting dari halaman web adalah konten yang terdapat pada halaman tersebut. Memasang link, banner, dan iklan yang berlebihan sangat berbahaya bagi akun adsense anda karena akan memperburuk user-experience
  • Link / banner affiliasi tidak boleh merujuk pada situs yang melanggar kebijakan adsense, misyalnya situs perjudian (gambling), adult content, dsb

 

iklan betting dengan adsense bermasalah?

30 Comments

  1. hafidz 12 September 2014
  2. Irvan 13 September 2014
    • iradewa 13 September 2014
  3. intandorama 16 Desember 2014
  4. ajiewp 19 Desember 2014
  5. ThatGet 26 Desember 2014
  6. Anas Badrusalam 26 Desember 2014
  7. enas nasrudin 21 Januari 2015
  8. ziuma 8 Februari 2015
    • Dea Rokhmatun Iradewa 12 Februari 2015
  9. Hamba Allah 16 Februari 2015
  10. afif 24 Februari 2015

Leave a Reply