Berita & Info Terkini

Pembukaan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17. Siap-Siap Gabung

By  | 

Ada kabar gembira bagi para pejuang kartu prakerja. Gelombang 17 akan dibuka seperti yang diungkapkan oleh Manajement Pelaksana atau PMO / Project Management Officer Kartu Prakerja. Kapan waktu pembukaanya?

Pembukaan gelombang 17 akan dilakukan setelah selesai mendata kepesertaan yang dicabut dari gelombang 12-16. Hal ini disampaikan oleh Menurut Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, seperti yang kami lansir dari cnnindonesia.

Pembukaan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17. Siap-siap gabung
Pembukaan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17. Siap-siap gabung

Jadi untuk jadwal pastinya akan diumumkan setelah PMO selesai melakukan pendataan kepesertaan gelombang 12-16. Kenapa Begitu? Karena sebenarnya quota untuk kartu prakerja pada semester I Tahun 2021 sudah terpenuhi. Total Anggaran yang dialokasikan untuk semester I tahun ini adalah sebesar 10 trilyun dengan total jumlah 2,7 juta peserta kartu prakerja terdiri dari gelombang 12-16.

Untuk gelombang 17 nanti quotanya peserta tergantung dari banyaknya jumlah peserta gelombang 12-16 yang dicabut status kepesertaannyakarena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja. Berdasarkan hitungan sementara, dari gelombang 12-15 saja terdapat 35.809 orang yang dicabut status kepesertaan dan insentifnya. Jumlah ini masih berpotensi meningkat mengingat batas pembelian pelatihan untuk gelombang 16 sudah berakhir pada 29 April Kemarin.

Anggaplah PMO membutuhkan waktu beberapa hari atau minggu untuk melakukan pendataan, analisis, pelaporan dan sebagainya. Kemungkinan besar untuk gelombang 17 akan segera dibuka pada Bulan Mei ini.

Nah bagi tema-teman yang yang sudah memiliki akun prakerja, saya sarankan untuk sering sering membuka portal prakerja di alamat resinya yaitu prakerja.go.id. Usahakan sering login untuk melihat apakah gelombang 17 sudah dibuka atau belum. Hati-hati jangan sampai tertipu, situs kartu prakerja hanya ada 1, yaitu prakerja.go.id, selain dari itu bukan. Teman teman bisa juga memfollow akun instagram resmi kartu prakerja @prakerja.go.id untuk mendapatkan info terbaru

Pembukaan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17

Oh iya, hati-hati jika menerima pesan berantai di media sosial atau messenger dan diminta mendaftar dan mengisi biodata di alamat website lain, itu HOX alias penipuan

Jika Teman-teman belum memiliki akun prakerja, sebaiknya dipersiapkan dari sekarang, sehingga saat gelombang 17 dibuka nanti, teman-teman sudah punya akun dan tinggal gabung gelombang.

Bagi yang belum tahu apa saja syaratnya untuk mendaftar prakerja? berikut beberapa persaratannya :

  1. WNI berusia 18 tahun ke atas.
  2. Pencari kerja atau pengangguran, pekerja (buruh/karyawan), wiraswasta yang membutuhkan tambahan modal / terdampak covid19 atau memerlukan peningkatan keterampilan
  3. tidak sedang mengikuti pendidikan formal (bukan pelajar / mahasiswa)
  4. Tidak terdaftar sebagai penerima bansos Kemensos
  5. Bukan TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, Aparat Desa.

Dalam 1 Kartu keluarga (KK), maksimal 2 orang berhak menerima bantuan. Jadi kalau misal ada anggota keluarga yang sudah menerima bantuan prakerja di gelombang sebelumnya, masih ada jatah 1 anggota keluarga lagi.

Semoga bagi yang belum lolos dari gelombang 1-16, bisa lolos di gelombang 17 nanti.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *