Blogging

penyebab pendapatan google adsense rendah

By  | 

Jumlah pendapatan google adsense atau earning yang rendah, tentunya menjadi hal yang sangat menjengkelkan bagi pemain google adsense, terlebih blogger yang baru mengikuti program adsense dan sedang berusaha menghasilkan uang dari blog dengan google adsense. Bahkan sebagian blogger bisa dibuat frustasi karena setelah sekian lama memasang iklan adsense, tidak pernah merasakan pay out sekalipun disebabkan jumlah pendapatan/ earning yang sangat rendah.

Jika anda mengalami hal yang serupa, sebaiknya anda segera mengevaluasi blog/ situs dimana iklan adsense ditayangkan, dan tentunya rajin “mengurus” situs anda agar semakin banyak pengujung yang mendarat di blog anda sehingga memungkinkan pendapatan adsense akam meningkat pula.

Apa penyebab pendapatan adsense rendah?

Untuk lebih lengkapnya, berikut point yang bisa jadi menjadi penyebab pendapatan google adsense rendah :

Jumlah pengunjung / visitor web sedikit

Trafik yang tinggi merupakan kunci sukses keberhasilan sebuah situs / blog. Baik bagi publisher adsense ataupun anda yang mengikuti program affiliasi, trafik kunjungan merupakan poin pertama yang harus anda tingkatkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Logikanya, semakin banyak pengunjung yang mendarat di halaman blog, maka akan meningkatkan kemungkinan julah pengunjung yang mengklik iklan.

Sebagai gambaran, misyalnya nilai CPC/ BPK (biaya per klik) iklan adsense anda rata-rata $0.2. Maka untuk mencapai $1, anda membutuhkan 5 klik. Jika rata-rata RKT (rasio klik tayang) anggap saja 2%, maka untuk mendapatkan 5 kali klik, dibutuhkan 250 pengunjung. Jadi dengan asumsi keadaan seperti diatas, setidaknya dibutuhkan 250 pengunjung blog untuk mendapatkan $1.

Jumlah iklan yang di klik pengunjung sedikit

Seperti pada analogi di poin sebelumnya, jelas semakin banyak jumlah iklan yang diklik maka akan semakin tinggi jumlah pendapatan adsense anda. Tentunya hal ini juga dipengaruji oleh nilai CPC (cost per click) iklan. Jika nilai CPC/ BPK iklan yang ditayangkan tinggi, tentunya dengan sedikit klik akan menghasilkan earning yang lebih tinggi. Untuk meningkatkan jumlah iklan yang di klik pengunjung, beberapa tips yang bisa anda lakukan :

Nilai BPK (Biaya per klik) iklan rendah

Biaya per klik iklan adalah nilai yang akan dibayarkan setiap kali iklan di klik. Semakin tinggi BPK iklan maka akan meningkatkan kemungkinan penghasilan yang lebih tinggi. Jika anda berniat membuat niche blog, sebaiknya pilih niche yang memiliki CPC tinggi. Anda bisa menggunakan keyword planner google adword untuk mengetahui kata kunci apa yang memiliki jumlah bayaran yang tinggi. Tapi ingat, keywoard dengan jumlah bayaran tinggi, biasanya memiliki jumlah persaingan yang cukup tinggi pula, oleh karena itu anda harus cukup serius dalam memanage niche blog anda agar tetap mendapatkan trafik yang tinggi.

Bagi blog gado-gado (tidak berfokus pada niche tertentu) semisyal blog caramita.com ini, biasanya nilai CPC iklan tidak terlalu tinggi

Nilai CTR (click-through rate)

CTR adalah rasio perbandingan antara jumlah iklan yang di-klik dengan jumlah iklan yang ditampilkan. Selengkapnya baca : Apa itu CTR / RKT pada adsense?

Pada publisher yang memiliki penghasilan tinggi sekalipun, biasanya nilai RTK tidak melebihi 3%. RKT iklan yang terlampau tinggi, atau bahkan mencapai puluhan persen, justru berbahaya bagi akun adsense, bisa jadi hal ini mengindikasikan anda melakukan kecurangan dan terancam banned

Selanjutnya silakan baca : Strategi agar pendapatan adsense cair setiap bulan

rasio klik adsense Indonesia

10 Comments

  1. Liberty

    23 Maret 2015 at 21:24

    Hallo admin Iradewa, terima kasih atas penjelasannya. Saya tertarik setelah anda menulis bahwa blog ini hanya mendapatkan penghasilan sedikit karena kontennya gado-gado. nah, saya ingin bertanya apakah ada kemungkinan blog gado-gado seperti punya saya juga untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi ? bagaimana pendapat anda ? terima kasih.

    • Dea Rokhmatun Iradewa

      24 Maret 2015 at 07:34

      bukan berpenghasilan rendah, tepatnya memiliki nilai CPC iklan yang relatif lebih kecil. Blog gado-gado relatif memiliki nilai CPC iklan lebih kecil karena konten blog yang luas dan tidak spesifik, berbeda dengan niche blog yang fokus pada tema tertentu.

      Kalau masalah penghasilan tidak menjamin, bisa jadi blog campuran justru lebih tinggi penghasilannya dibanding niche. Keuntungan blog gado-gado adalah jumlah pengunjung yang biasanya lebih banyak.

      Tipsnya : tetap update konten dan tingkatkan trafik, serta usahakan buat artikel yang cukup dicari dengan CPC yang cukup tinggi

  2. Cara Tutorial Terbaru

    30 Maret 2015 at 08:48

    BTW, penghasilan Adsense dari awal tahun 2015 sampai sekrang kok terus rendah ya bro? Apa kira-kira penyebabnya? Mungkin tingkat publisher Adsense yang makin melonjak kali ya?

    BTW infonya diatas sangat bermanfaat sob..

    • Dea Rokhmatun Iradewa

      30 Maret 2015 at 10:17

      mungkin bisa jadi karena pengaruh nilai tukar rupiah yang terus melemah gan. Tapi dalam kasus blog saya justu untuk bulan februari-maret mengalami peningkatan gan

  3. MicoKelana

    2 April 2015 at 04:09

    Kebetulan saya juga bisa dibilang belajar memasang adsense di web utama saya yang merupakan Jasa Pembuatan Website. Awalnya bukan sebagai hal yang utama, setelah 1 tahun saya baru bisa meraih pendapatan 100 USD.

    Menurut saya sepertinya hal-hal yang mas utarakan di atas memang benar adanya, berdasarkan laporan adsense biaya kliknya tidak terlalu tinggi. Kalau mau dirata-ratakan perbulan web saya hanya berhasil meraih 6 dollar saja, bayangkan kapan bisa cair kalau per bulan hanya 6 dollar.

    Sepertinya benar memang harus membuat ladang baru yang niche dan konsisten, dibandingkan gado-gado.

    salam sukses selalu mas

    • Dea Rokhmatun Iradewa

      2 April 2015 at 11:19

      untuk web bisnis seperti contohnya mas yang memasang adsense di web jasa pembuatan website, perlu diperhatikan juga untuk memblock iklan dari pesaing, dalam hal ini iklan tentang pembuatan web. Karena jika tidak bukan tidak mungkin calon client mas akan mengunjungi jasa pembuatan web yang ada di iklan adsense

  4. Rush

    13 September 2015 at 19:53

    pada akhirnya, kita akan kembali ke trafik dan trafik akan membawa kita kembali kepada konten. dalam hal ini tentu saja konten yang berkualitas.

  5. Prasko

    9 November 2015 at 01:10

    Yang saya alami dengan blog Indonesia gado2…terkadang nilai klik tinggi bahkan bisa nyentuh $2/klik, jadi terkadang beberapa hari aja cukup untuk bayaran, tapi terkadang nilai klik rendah nyentuh 0,05, apa mungkin dikarenakan blog saya jenis gado2 jadi BPK tidak stabiil…mungkin temen2 ngalami ?

  6. Widodo Groho Triatmojo

    22 Agustus 2016 at 15:21

    Iya nih blog saya juga CTR dan BPK nya rendah akhir-akhir ini

  7. Mulia Suryaningsih

    4 Oktober 2016 at 21:33

    Mantap gan, aku bisa menyikapi yang bisa membuat hasilnya rendah bearti selain blog gado gado juga ada faktor lain seperti pengunjung dan iklan yang tayang tidak relavan yaaa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *