Blogging

Tweet Postingan Lama Blog Secara Otomatis Untuk Meningkatkan Trafik

By  | 

Bukan tidak mungkin postingan lama  blog anda sepi pengunjung dan peringkat SERPnya terus melorot. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk “mengakali” postintingan lama agar tetap populer, anda bisa mengubah postingan tersebut sehingga isi post lebih SEO friendly dan melakukan re-publish. Selain itu, satu hal yang tak kalah pentingnya adalah dengan mempromosikan tulisan lama  blog ke melalui media social, salah satunya Twitter.

Twitter merupakan salah satu social media yang bisa digunakan untuk mempromosikan konten blog anda. Membagikan postingan blog melalui twitter memungkinkan untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan ke blog. Sebagian besar blogger menggunakan auto-share posting baru di Twitter. Tapi satu hal yang tak kalah pentingnya adalah melakukan sharing postingan lama blog, agar postingan lama Anda tetap ramai dikunjungi. Selain itu, tweeting posting lama akan meningkatkan sosial signal untuk posting dan akan membantu meningkatkan peringkat SERP.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu bersusah payah melakukan tweet postingan lama blog secara manual. Anda bisa memanfaatkan plugin gratis untuk melakukan hal tersebut. Salah satu plugin wordpress gratis yang saya rekomendasikan, dan bahkan saya gunakan untuk melakukan Tweet Postingan Lama Secara Otomatis adalah Evergreen Post Tweeter. Yang perlu anda lakukan hanyalah menginstall plugin Evergreen Post Tweeter, melakukan konfigurasi, dan sisanya biarkan plugin tersebut bekerja sebagai asisten anda dengan melakukan tweet otomatis.

Bagaimana Cara Menggunakan Evergreen Post Tweeter?

Evergreen Post Tweeter merupakan plugin gratis yang bisa anda dapatkan secara cuma-cuma di repositori plugin wordpress. Meskipun gratis, namun plugin ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan powerfull untuk melakukan otomatisasi tweet postingan blog. Plugin ini memungkinkan anda untuk memilih opsi kategori atau tags yang ingin dilakukan auto-tweet, menggunakna URL shortener seperti Bit.ly, TinyURL, dsb. Anda juga bisa menentukan jadwal penerbitan tweet.

Pertama, install plugin Evergreen Post Tweeter di wordpress anda dari link berikut :
https://wordpress.org/plugins/evergreen-post-tweeter

Setelah berhasil diinstal, masuk ke Settings ->Evergreen Post Tweeter untuk melakukan konfigurasi. Anda perlu melakukan proses Authorize dengan menggunakan akun twitter anda. Caranya klik tombol Sign in with twitter.

Setalah proses Authorize selesai anda tinggal melakukan konfigurasi sesuai dengan keinginan dan biarkan plugin ini bekerja dengan sendirinya

  • Set Tags & Category : Pilih category dan/ atau tags post yang akan di-tweet secara otomatis
  • Gunakan URL Shortener service agar link URL post tidak terlalu panjang
  • Tentukan minimum post age yang akan di-autotweet, misyalnya 20 days, maka hanya postingan berumur lebih dari 20 hari yang akan di tweet otomatis
  • Schedule Tweet : Tentukan jadwal penerbitan tweet, hari apa saja, dan jam berapa. Sebaiknya anda perhatikan kapan waktu optimal untuk melakukan tweet

4 Comments

  1. Caraspot

    4 Februari 2016 at 21:47

    Ini ilmu baru bagi saya, selama ini saya kira cuma tombol sharing biasa aja yang ada

  2. andi

    7 Agustus 2016 at 12:38

    slama ini malah ane gak pernah tahu ,,, untung saja ane nyasar ke blog kamu gan , mksh gan tutornya ,, keren tu tu trik share tweetnya..

  3. tutorial pedia

    15 November 2016 at 16:38

    wah ilmu baru..jadi ini fungsinya untuk repost postingan lama ya??
    oya untuk facebook ada ga ya??

    • iradewa

      16 November 2016 at 14:35

      ada gan, tp saya lebih suka mengaitkan twitter dg FB, jadi tweet baru di twitter otomatis dipost juga di FB.
      Saya belum sempet buat postingan tentang itu, bsa dicoba-coba sendiri eilahkan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *